GTP Tanam Pohon di Lokasi Rawan Longsor

oleh -185 views
Salah satu penggerak GTP Heri Cahyono (tengah) usai tanam pohon

Reporter: Iran
Bogor, Minggu (22/1/2017) suaraindonesia-news.com – Gerakan Tanam Pohon (GTP) terus melakukan ekspansi dalam rangka memberikan edukasi bagi masyarakat tentang penghijauan di seluruh wilayah Kota Bogor.

Kali ini GTP melakukan penanaman pohon di tebingan Jalan Jalak Harupat, Lebak Kantin Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Hadir pada kegiatan tanam pohon kali ini,wakil ketua DPRD kota bogor Heri Cahyono ketua komisi B Zainal Mutaqin, Bu Eni dari Demokrat, Eka Wardana, sekertaris DPD Golkar Kota Bogor Tagor, RW, RT serta paguyuban masyarakat sempur.

Salah satu penggagas GTP yang juga ketua harian DPD Partai Golkar Heri Cahyono mengungkapkan, penanaman pohon untuk hari ini minggu (22/1/17) sengaja ditanam dilahan yang miring di pinggir jalan raya, karna jika dilahan yang miring sangat tinggi potensinya untuk longsor.

“Tidak cukup hanya tembok saja, sehingga harus ditopang dan dibantu dengan tanaman, dengan ditanami pohon ini dapat bermanfaat, nantinya dapat meminimalisir potensi longsor sehingga bisa mengamankan badan jalan diatas ini,” ungkapnya.

Ditambahkan Heri, untuk kegiatan penanaman pohon selanjutnya akan fokus di pemukiman masyarakat dan lokasi yang rawan longsor diseluruh Kota Bogor.

“Dibogor ini, lahan-lahan miring seperti ini banyak sekali, kita berharap partisipasi dari masyarakat juga untuk dapat menginformasikan nya kepada GTP. Sehingga kita dapat mendeteksi potensi-potensi lahan miring dan bisa mengantisipasi dan membantu dengan teman-teman lalu kita tanami,”ujarnya.

Dikatakan Heri, untuk penanaman kali ini multifungsi, selain untuk menahan erosi, buahnya bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar, bisa digunakan untuk dikonsumsi.

“Jadi tidak hanya oksigen nya saja yang kita serap ketika besar nanti. Dengan kita terus menanam, berarti tidak akan ada lagi daerah yang gersang, target kita adalah untuk mengembalikan kembali Kota Bogor menjadi Kota yang indah sejuk dan nyaman, sehingga Kota Bogor menjadi Kota paling sejuk di Indonesia di masa yang akan datang,”tuturnya

Dilokasi yang sama, salah satu anggota paguyuban masyarakat sempurnakan Astuti di dampingi ketua RT 03 mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada GTP yang telah melaksanakan Gerakan Menanam Pohon di lingkungannya.

“Kami sangat berterima kasih atas kegiatan penanaman pohon ini, terlebih dapat memberikan motovasi bagi masyarakat kota bogor khususnya bagi kami paguyuban masyarakat sempur, semoga kegiatan ini bisa ikut menghijaukan Kota Bogor dan jauh dari polusi,”pungkasnya.
Iran G Hasibuan

Tinggalkan Balasan