Grobogan Mencanangkan 100 Ribu Hektar Kedelai

Foto: Komandan Kodim 0717 Purwodadi bersama Kepala Dinas Pertanian Grobogan bersama sama menanam kedelai di persawahan milik Dinas Pertanian Grobogan

GROBOGAN, Kamis (12/10/2017) suaraindonesia-news.com – Rapat konsolidasi tanam kedelai 100 ribu hektar di Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, dihadiri oleh Komandan Kodim 0717 Purwodadi, Kepala Dinas Pertanian Grobogan, Kepala BPH Wilayah 1 Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Gudang Bulog 104 Purwodadi.

Dalam rapat konsolidasi Kabupaten Grobogan siap dan bertekad mewujudkan Grobogan sebagai pusat kedelai Nasional.

Sesuai data dari Balitbang Pertanian bahwa kebutuhan kedelai di Indonesia sekitar 2,2 juta ton, sedangkan produksi Dalam Negeri baru bisa memenuhi sekitar 40% dan sisanya impor.

Kabupaten Grobogan merupakan salah satu sentra produksi kedelai nomor 1 dengan kontribusi mencapai 36% di Provinsi Jawa Tengah, dengan varietas unggulan yaitu kedelai varietas Grobogan dengan berbagai kelebihan diantaranya provitas yang cukup tinggi.

Dalam pidato sambutan Komandan Kodim 0717 Purwodadi Letnan Kolonel Jan Piter Gurning, Kamis (12/10/2017) mengatakan, untuk itu pada kegiatan konsolidasi tanam kedelai 100 ribu hektar ini, saya mengajak dan menghimbau kepada berbagai instansi terkait untuk dapat membantu dan bekerjasama dalam mensukseskan program peningkatan produksi kedelai Kabupaten Grobogan khususnya dan Nasional pada umumnya, diantaranya melalui pemberdayaan wilayah hutan.

“Dengan demikian tentunya diharapkan produksi kedelai dapat meningkat secara signifikan dan Kabupaten Grobogan dapat menjadi sumber produksi kedelai serta dapat ikut andil mencapai swasembada kedelai secara Nasional,” kata Jan Piter Gurning.

Setelah acara rapat konsolidasi tanam kedelai 100 ribu hektar di Dinas Pertanian Grobogam, Komanda Kodim 0717 Purwodadi, Kepala Dinas Pertanian Grobogan, dan beserta tamu undangan melakukan tanam bersama – sama di tempat persawahan milik Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, dan sebagai tanda awal pencanagan tanam kedelai 100 ribu hektar. (Miftakh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here