Edgar Suratman : Ngabogor Bagian Dari Pendidikan Krakter

Kadisdik Kota Bogor H. Edgar Suratman, SE. MM

Reporter : Iran G Hasibuan

Bogor, 31/8/2016 (Suaraindonesia-news.com) – Pendidikan krakter sangat penting diterapkan di dunia pendidikan khususnya di Kota Bogor. Hanya saja untuk wacana membuat kelas khusus untuk pendidikan karakter membutuhkan biaya yang tidak sedikit, pernyataan tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Edgar Suratman kepada suaraindonesia. Rabu (31/8/2016).

“Pada dasarnya, untuk pendidikan krakter sudah diterapkan dari tingkat SD sampai SMA,” ujarnya.

Diakui Edgar Suratman, hanya saja untuk kelas khusus belum terlaksana, apalagi untuk tingkat SMA pengawasannya sudah ditingkat Provinsi, ujarnya.

“Seperti kita ketahui sebagai kontribusi perwujudan konsep Ngabogor Disdik Kota Bogor sudah pernah adakan berbagai perlombaan,” ucapnya.

Ditambahkan Edgar, pendidikan krakter ini adalah bagian dari Ngabogor dan Ngabogor sendiri terdiri dari tiga yaitu Ngabogor Bodas, Ngabogor Hejo dan Ngabogor Bulao, ungkapnya.

“Ngabogor Bodas diartikan menjaga hubungan kita sebagai manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, dan Ngabogor Hejo diartikan sebagai manusia dan sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian lingkungan disekitar,” terangnya.

Ia juag mengatakan, Ngabogor Bulao dimaksudkan menjaga hubungan antar sesama manusia sebagai makhluk sosial.

“Saya berharap setiap sekolah mengembangkan dan mengaplikasikan konsep ngabogor agar spiritnya menular dan menyebar,”harapnya.

Dengan itu Edgar menyampaikan penerapan terhadap gerakan Ngabogor di dunia Pendidikan sangatlah penting.

“Ngabogor perlu kita dorong lebih kuat lagi sebagian dari pendidikan karakter, karena keniscayaan membangun fisik sangat mudah, tetapi membangun karakter merupakan PR besar yang harus secara bersama-sama kita bangun bersama,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here