Dukung Tanam Serentak, DPU Abdya Kejar Perbaikan Sejumlah Jaringan Air

Reporter: Nazli Md

Abdya, Suaraindonesia-news.com – Dalam mensukseskan tanam serentak yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten setempat menegaskan siap mendukung kegiatan tersebut.

Sebagai respon dalam mendukung program tersebut, Dinas PU melalui Bagian Pengairan terus melakukan berbagi upaya, termasuk dengan peningkatan jaringan irigasi. Terlebih, pada Minggu ke-3 bulan Juni ini akan dilakukan pembersihan tali air memasuki Masa Tanam (MT) II Gadu tahun 2016.

“Kesiapan dukungan tersebut kita lakukan dengan berbagai persiapan pekerjaan perbaikan sejumlah saluran irigasi, baik yang menjadi tanggung jawab Pusat, Provinsi maupun Daerah,” sebut Kepala Bidang Pengairan Mulyadi ST kepada awak media di Blangpidie. Jumat (10/6).

Dijelaskan Mulyadi, perbaikan seluruh jaringan irigasi rusak yang saat ini sedang dalam perbaikan ataupun masih dalam proses lelang memaksa pihaknya mematikan total aliran air untuk beberapa titik.

”Salah satunya dalam minggu ini akan kita matikan di areal kecamatan Susoh, karena ditemukan kebocoran jaringan disejumlah titik pada jaringan irigasi di Susoh itu yang saat ini sedang diperbaiki,” imbuh Mulyadi.

Ditegasnyanya, upaya-upaya yang dilakukan pihaknya tersebut merupakan usaha untuk mencapai target tanam serentak yang sudah dijdwalkan pada musyawarah yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Ada beberapa pekerjaan perbaikan dan bangun baru jaringan yang sudah dilakukan tender, ada yang sudah siap berkas, tinggal kapan dimulai pekerjaannya oleh pihak rekanan,” imbuh Mulyadi.

Pada kesempatan itu, Mulyadi dengan optimis menyebutkan, pihaknya yakin tanam serentak tahun ini akan berjalan sesuai rencana. Selain persiapan yang sudah cukup optimal oleh pihak-pihak terkait, juga telah dilengkapinya beberapa alsintan di Dinastannak Abdya.

“Saya optimis penetapan jadwal tanam akan berjalan sesuai waktu yang telah di tentukan,” pungkas Mulyadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here