Dugaan Adanya Kong Kalikong Dalam Pembagian Proyek PL

Jember, Suara Indonesia-News.Com – Anggaran negara untuk membangun sarana dan prasaran demi kepentingan publik harusnya dinikmati semua orang dengan cara transparan.  Proses pemerintahan yang bersih akan menimbulkan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Namun, yang terjadi di Dinas  PU Bina marga kabupaten jember tidak demikian. Di sinyalir, sebagian besar proyek Dinas PU bina marga jember yang dikerjakan  oleh oknum di dalamnya.

Seperti Pengerjaan proyek dinas PU bina marga kabupaten jember, ditengarai penuh dengan tanda tanya. proyek-proyek PL (Penunjukan Langsung) yang dilakukan oleh para Satker (Satuan Kerja) bina marga kabupaten dikerjakan oleh orang ‘dalam’ sendiri.

‘Penguasaan’ PL oleh para oknum di dalam internal Dinas PU bina marga ini membuat para kontraktor menjerit. Dari hasil penelusuran wartawan suara indonesia di lapangan, oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam tubuh Satker Dinas PU bina margar kabupaten jember bagi-bagi proyek PL tersebut ke orang mereka sendiri.

Salah seorang rekanan kontraktor di dinas PU bina marga kabupaten dengan tegas mengatakan, dirinya tidak mendapat proyek untuk tahun 2015 ini.

“Saya tidak mendapat proyek PL DPU bina marga kabupaten, padahal kita harus mendaftarkan perusahaan kita setiap tahunnya,” katanya.

Parahnya lagi, Banyak proyek-proyek PL tersebut yang dikelola langsung oleh satkernya dengan cara meminjam perusahaan dan mengeluarkan fee kepada pemilik perusahaan. Akibatnya, rekanan kontraktor kecil terpaksa harus membeli Proyek PL tersebut kepada pihak lain dengan harga 20 persen dari nilai proyek.

“Jika kita ingin bekerja terpaksa harus membeli proyek, baik langsung kepada Satker yang bersangkutan maupun kepada pihak lain yang mendapatkan proyek,”tandasnya.

Sayangnya, Kepala Dinas DPU bina marga kabupaten jember Rasyid zakaria, saat akan dikonfirmasi selalu sulit untuk ditemui, Dan ketika di-SMS, Rasyid zakaria ini juga tidak membalas.  Dengan bungkamnya makin membenarkan dugaan adanya kong kalikong dalam pembagian proyek PL. (deny/petal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here