DPMPTSP OKU Lounching Penerbitan Pemutihan Izin IMB Tahun 2018

Foto Kadis DPMPTSP OKU, Ir H Gunawan Somad, saat sedang memberikan penyampaiannya

BATURAJA, Selasa (15/05/2018) suaraindonesia-news.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumsel menggelar launching Penerbitan Pemutihan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tahun 2018, untuk Ruko, Rumah/renovasi, sarana pendidikan dan sarana sosial.

Acara yang digelar di ruang Abdi Praja Pemda OKU ini, Selasa (15/5), dihadiri langsung Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Asisten setda 1 Mirdaili dan Kepala Dinas DPMPTSP OKU Ir H Gunawan Somad. Kegiatan diikuti oleh, unsur FKPD OKU, para kepala OPD, para Camat, Lurah/kades, dan pejabat Pemkab OKU lainnya.

Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis, selaku pembuka acara dalam penyampaiannya, menghimbau kepada seluruh Masyarakat OKU yang sudah ataupun hendak mendirikan bangunan di wilayah Kabupaten OKU untuk segera mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Terutama bagi bangunan rumah tinggal yang sudah lama didirikan agar segera mengurus atau membuat IMB. Karena IMB ini adalah kewajiban kita bila hendak mendirikan suatu bangunan,” kata Kuryana.

Menurut Bupati, pelaksanaan pengurusan IMB ini dilakukan sebagai implementasi dari Perda Kabupaten OKU tentang IMB. “Karena Pemutihan ini memang dilakukan tidak hanya di OKU tetapi juga di seluruh Indonesia,” paparnya.

Sementara Kadin DPMPTSP OKU Ir H Gunawan Somad, dalam sambutan nya menyampaikan, terselengaranya kegiatan ini sesuai Perda no 10 tahun 2009 tentang izin mendirikan bangunan, keputusan Bupati No 19 tahun 2018 tentang pelaksanaan pemutihan IMB. Dengan maksud dan tujuan supaya memberikan kemudahan persyaratan dan keringanan biaya distribusi kepada masyarakat.

“Supaya legalitas bangunan yang didirikan mendapat persentasi bangunan yang ber IMB. Dan menambah pendapatan asli daerah juga mempermudah pengendalian pembangunan gedung di daerah kabupaten OKU,” ungkapnya.

Adapun target, sambung dia, yang ditetapkan adalah 500 izin, dengan pelaksanaan pemutihan IMB ini dimulai dari sekarang hingga Oktober 2018.

“Kegiatan ini juga melibatkan 13 Kecamatan di OKU beserta beberapa Dinas/instansi terkait, dengan selekon pelayanan dipermudah dan dipercepat untuk masyarakat yang akan mengurus IMB mereka. Dimana semua biaya kegiatan ini dibebankan pada APBD tahun 2019,“ jelasnya.

Gunawan Somad juga menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program pemutihan IMB ini, bisa datang langsung ke kantor dengan mengambil formulir terlebih dahulu.

“Lalu nanti pemohon akan melengkapi persyaratan sesuai isi formulir, yakni fotocopy KTP, fotocopy NPWP, fotocopy bukti kepemilikan tanah yang sah/ kwitansi jual beli, fotocopy bukti lunas PBB tahun terakhir, gambar denah lokasi dan bangunan yang disahkan oleh tim petugas, poto bangunan tampak dari depan, surat pernyataan permohonan bahwa kontruksi bangunan yang dimohonkan tidak membahayakan, 2 buah materai Rp.6000, 1 buah map lalu rangkap tiga bagian untuk Kelurahan/Desa dan Kecamatan juga untuk Dinas kami, DPMPTSP OKU,“ pungkas Gunawan Somad.

Reporter : Amrul Alamsyah
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here