Dollar Menguat, Peluang Positif Bagi Eksportir

Proses pengolahan kedelai edamame PT. Mitra Tani 27 (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Kamis (6/9/2018) suaraindonesia-news.com – Menguatnya dollar terhadap rupiah tidak selalu berdampak negatif, justru ini momentum untuk meningkatkan ekspor. Salah satu yang merasakan dampak positif tersebut adalah PT. Mitratani 27, sebuah perusahaan kedelai edamame yang berpusat di Jember, Jawa Timur.

Berdasarkan rilis dari website Bank Indonesia hari ini, nilai tukar dolar terhadap rupiah (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate USD-IDR) sebesar Rp. 14.891 perdollar amerika.

Direktur Utama PT. Mitratani 27, Guntaryo Tri Indaryanto menerangkan bahwa penguatan dollar ini berdampak positif baginya sebagai eksportir kedelai edamame.

“Tidak terlalu berpengaruh karena seluruh penjualan mitra tani tersebut dalam bentuk dollar, dengan melemahnya rupiah otomatis akan mendapatkan rupiah yang lebih banyak,” terang Guntaryo kepada para wartawan, tadi sore.

Kendati demikian, Guntaryo menambahkan bahwa barang investasi perusahaan ini mendatangkan dari luar negeri, sehingga pihaknya menyiasati dengan efisiensi.

“Strategi perusahaan untuk mengantisipasi kondisi ini dengan meningkatkan efisiensi dan mengatur pengeluaran sehingga berimbang antara pemasukan dan pengeluaran,” tambahnya.

Perusahaan ini mempunyai target produksi pada tahun ini sebesar 8000 ton untuk ekspor dan 2500 ton untuk dalam negeri.

Dilansir dari Okezone, Minggu (2/9/2018) Menteri Keuangan, Sri Mulyani meminta para eksportir untuk meningkatkan jumlah ekspor dan devisa hasil ekspor tersebut supaya dikonversikan ke rupiah.

“Ekspor harus dipacu lebih keras lagi dan impor harus dikendalikan. Kita memerlukan perusahaan dan industri yang tangguh dan kompetitif supaya perekonomian Indonesia dapat terus maju dan mampu bertahan dalam menghadapi guncangan global,” pinta Sri Mulyani saat menghadiri acara ulang tahun ke-9 Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) di Jakarta.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here