DKP Sumenep Adakan Sosialisasi dan Pembinaan Pokmaswas Kecamatan Sapeken

sosialisasi pembinaan Pokmaswas dan pemberdayaan kelompok masyarakat dikecamatan Sapeken

Reporter : Suraini
Sapeken, SuaraIndonesia-News.Com – Dalam rangka pemberdayaan kelompok masyarakat pengawas bidang kelautan dan perikanan, bagian pengawasan DKP Kabupaten Sumenep melakukan sosialisasi pembinaan Pokmaswas dan pemberdayaan kelompok masyarakat dikecamatan Sapeken, Selasa (8/03/2016).

Sosialisasi dan pembinaan Pokmaswas kali ini dilaksanakan di balai Desa Sapeken yang dihadiri oleh warga nelayan, tokoh masyarakat, semua anggota Pokmaswas dan Forum kordinasi Pimpinan kecamatan (Forkopimka) Kecamatan Sapeken.

Kabid Pengawasan bidang kelautan dan perikanan Kabupaten Sumenep, H. Nur Rahman menyatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bagian dari peroses pembinaan sekaligus sosialisasi terkait regulasi undang-undang kelautan dan perikanan sehubungan munculnya persoalan yang dihadapi warga nelayan, terangnya.

“Persoalan wilayah atau Zona sering memicu perseteruan antara nelayan satu dengan nelayan lainnya, atau hanya karena persoalan alat tangkap yang tidak jelas,”terang Pak Nur sapaan akrab H. Nur Rahman.

Sementara Ketua Pokmaswas Kecamatan Sapeken H. Moh. Ali Daeng Sandrek dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan dari adanya kegiatan pembinaan dan sosialisasi supaya dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan khususnya kepada semua anggota pokmaswas agar dapat memahami peran dan pungsinya sebagai warga masyarakat yang terlibat dalam membantu memberikan pengawasan terutama dibidang kelautan dan perikanan.

Sementara Kapolsek Sapeken ALi Ridha dalam sambutannya menghimbau kepada semua warga nelayan agar tidak main hakim sendiri apabila menghadapi persoalan yang terjadi dilapangan dalam bentuk apapun.

“Mari kita bangun komunikasi, konsulidasi dan kordinasi untuk mendapatkan sulusi yang terbaik,” ajak Ali Ridha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here