Disuntik Difteri, Ratusan Siswa Kota Batu Menangis Histeris

Ratusan siswa SMAN 02 Batu Jawa Timur Menangis Histeris saat disuntik difteri

KOTA BATU, Rabu (14/2/2018) suaraindonesia-news.com – Ratusan sisiwa SMAN 02 Batu Jawa Timur, Rabu (14/2/2018) pagi menangis histeris ketika mengetahui kedatangan sejumlah petugas Puskesmas Junrejo kota Batu dan petugas Koramil Junrejo yang hendak melakukan pemberian imunisasi difteri.

Tidak sedikit sebagian siswa laki-laki yang lari karena takut pemeberian vaksi tetanus difteri itu, sementara siswa perempuan tak bisa berkutik, mereka hanya bisa menangis dihadapan petugas puskesmas dan para guru yang ikut mendampingi pemberian vaksin kepada siswa.

Namun setelah diberi pengertian oleh petugas Puskesmas akan pentingnya difteri akhirnya mereka sadar dan mau disuntik vaksin meski mereka menangis.

Vika petugas Puskesmas junrejo yang juga sebagai Outbreak Response Immunization (ORI) saat ditemui diacara sela-sela pemberian imunisasi mengatakan pemberian imunisasi kepada siswa itu dimaksudkan untuk mencegas penyebaran virus difteri.

Baca Juga: Sejumlah Desa Wisata di Kota Batu Mati Suri 

“Pemberian imunisasi kepada siswa itu penting, mulai umur 0 hingga 19 tahun, karena di Jawa Timur salah satu yang menjadi status kejadian luar biasa (KLB) difteri, maka virus itu harus kita cegah sedini mungkin, jangan sampai menyebar,” kata Vika.

Menururnya, virus difteri yang terjadi belakangan ini adalah berbahaya, karena menyerang selaput lendir dan tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri.

“Penyakit ini menimpulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga membuat anak suli makan dan bernafas, maka bila tidak diobati akan bisa berakibat lumpuh dan gagal jantung,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan pemberian vaksin difteri itu akan dilakukan di sekolah-sekolah di Kota Batu, umur nol tahun hingga 19 tahun, mulai Paud TK, SD, SMP hingga SMA, tetapi kali ini hanya kelas X dan XII, sedang kelas XII akan dilakukan pada jadwal berikutnya.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here