Distannak Abdya Uji Coba Penanaman Padi Sistim Jajar Semut

Kadistannak Abdya, Maswadi SP.MPd besama Kaban P4K Abdya, Ruslan Adly dan sejumlah petugas penyuluh lapangan melakukan penanaman uji coba sistim jajar semut.

Reporter : Nazli MD

Blangpidie, Abdya, Suara Indonesia-News.Com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Pertanian dan Pertenakan (Distannak) Kabupaten setempat mulai menguji coba penerapan tanam padi metode jajar semut pada luas lahan pertanian satu hektar yang tersebar di tiga kecamatan dalam kabupaten setempat.

Hal tersebut ditegaskan, Kepala Distannak Abdya, Maswadi SP.MPd disela-sela penanaman padi dengan metode inovasi baru jajar semut di areal persawahan Gampong Ladang Neubok Kecamatan Jeumpa Kabupaten Abdya. Menurutnya, metode sistim jajar semut tersebut diharapkan mampu meningkatkan anakkan dalam satu runpun padi mencapai 50-100 anakkan padi.

“Upsus padi sawah akan kita arahkan untuk menggunakan model pengelolaan tanaman terpadu (PTT) sistim jajar semut dengan memilih bibit unggul, pupuk yang sesuai, serta pengairan secara proporsional,”sebut Maswadi.

Selain meningkatkan peranakan padi, lanjut Maswadi, metode tanam padi jajar semut tersebut juga akan meningkatkan hasil panen petani disebabkan, benih padi yang ditanam akan menyerap langsung matahari dengan penuh.

“Kita harapkan dengan kita uji coba penanaman metode jajar semut ini, kita dapat melihat hasil yang meningkat,”harapnya.

Lebih lanjut Maswadi menjelaskan, jika sistim inovasi baru tersebut berhasil, maka pihaknya akan mengusahakan pengembangan dengan melinbatkan seluruh petani di Kabupaten Abdya.

”Kedepan jika hasilnya lebih dari sistim yang sudah ada, maka kita harapkan petani dapat mengikuti sisitim jajar semut ini, selain mudah juga murah,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluh Pertanian, Pertenakan dan Perikanan Kabupaten (BP4K) Abdya, Ruslan Adly SP kepada awak media mengakui, pihaknya sangat mendukung upaya pengembangan tanam sistim jajar semut tersebut.

”Kita mendung dan akan terus memberikan pendampingan kepada petani,”sebutnya.

Lebih lanjut, Ruslan optimis target swasembada pangan di Kabupaten Abdya akan terpenuhi dengan mengoptimalkan Upsus padi sawah yang merupakan satu upaya mencari solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi petani.

“Tanam pai metode jajar semut ini juga merupakan Upsus padi, dimana kita akan bahu membahu bekerjasama untuk meraih hasil yang lebih maksimal,”sebutnya.

Selain mendukung, lanjut Ruslan, pihaknya juga akan terus memantau perkembangan sistim tanam jajar semut tersebut, sehingga mendapatkan hasil yang dapat dijadikan patokan oleh petani untuk ikut menanam sistim jajar semut.

”Petugas penyuluh lapangan kita sudah siap memberikan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat,”tegasnya.

Dalam kegiatan uji coba penanaman sistim jajar semut tersebut selain diikuti Kadistannak Abdya, Maswadi SP.MPd dan KaBP4K Abdya, Ruslan Adly SP juga dihadiri seluruh petugas penyuluh lapangan kecamatan Susoh dan Kecamatan Jeumpa Kabupaten setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here