Dispendukcapil Sampang Temukan Ribuan Data e-KTP Ganda

SAMPANG, Kamis (14/9/2017) suaraindonesia-news.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, menemukan data e-KTP ganda yang tersebar di 14 kecamatan se Kabupaten Sampang. Kenyataan itu, setelah dilakukan perekaman kepada pemohon pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) terhitung hingga akhir Juli 2017. Tak tanggung-tanggung temuan data ganda tersebut mencapai 157.137 pemohon.

Edi Subianto, Kepala Bidang (kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAKPD) Dispendukcapil setempat mengatakan, data ganda tersebut ditemukan setelah dilakukan perekaman e-KTP yang tersebar di 14 kecamatan.

Menurutnya, munculnya data ganda itu dimungkinkan karena warga di saat hendak melakukan perekaman tidak langsung hadir, melainkan diwakilkan. Baca Juga: Aneh, Pemenang Karnaval Sudah Terkondisikan Sehari Sebelumnya

“Banyak data ganda itu ditemukan setelah perekaman massal. Undangan yang seharusnya dihadiri langsung akan tetapi diwakilkan, sehingga muncul namanya si A tapi fotonya milik si B di KTPnya,” terangnya, Kamis (14/9/2017).

Selain itu adanya data ganda tersebut karena faktor data error yang ditemukan di dalam sistem kependudukan seperti angka kelahirannya yang tidak wajar.  “Itulah data yang saat ini terjadi,” singkatnya.

Ia menambahkan, data bersih penduduk yang telah melakukan perekaman tahun 2017 diketahui sebanyak 844.872 jiwa dari data kotor 1.004.744 jiwa. (nor/luk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here