Diskusi & Peran Pers Dalam Mengawal Demokrasi

Suasana Diskusi dan Rapat Kerja Forum Wartwan Lintas Media Jember, di Aula Gedung Liposos/Dinsos sabtu (10/1). (Foto Didik Suara Indonesia-News.Com)

Suara Indonesia-News.Com, Jember – Rapat Panitia Diskusi dan Rapat Kerja Forum Wartwan Lintas Media Jember dalam mengawal Demokrasi, di gelar di Aula Gedung Liposos/Dinsos sabtu (10/1). dalam agenda rapat tersebut membahas peran Pers dalam kancah Demokrasi, acara tersebut di pandu oleh Rully Wartawan Radar Jember, hadir dalam rapat tersebut Kepala Dinas Sosial Jember, Ir H.Eko Heru Sunarso Msi, dan empat nara sumber di antaranya  Aga Suratno Wartawan senior,sekaligus Direktur Radio Suara Kiss FM, Sigit Ketua PWI Jember, sekaligus Wartawan di suara Radio Kiss FM, Hanafi Mantan Wartawan senior MNCTV, yang saat ini menjabat sebagai Komisioner KPU Jember, dan perwakilan dari Bakesbangpol Yasyim.

Dalam sambutannya Heru sangat mengapresisai adanya FWLM/Forum Wartawan Lintas Media Jember, dengan adanya Forum ini nantinya diharapkan bisa bersinergi untuk saling menukar informasi dan di harapkan pula agar peran Pers di tengah-tengah masyarakat bisa dan mampu memberikan Informasi yang Obyektif. dan di harapkan pula agar Forum ini bisa mendorong kepada Wartawan-Wartawati agar lebih  Professional dalam menjalankan tugas Jurnalistik di lapangan ungkap Heru.

Dalam kesempatan yang sama, Aga memberikan pandangannya, bahwa Peran Pers sungguh luar biasa. di era reformasi seperti ini Peran ers sangat di butuhkan sekali sebagai pemberi informasi kepada khalayak luas,seorang Jurnalis tanpa di dukung sumberdaya manusia yang tinggi hasilnya pun sangat kurang bagus.dan di harapkan dengan adanya Forum ini bisa memberikan/mencetak Wartawan yang handal,berkwalitas dan Obyektif dalam menerbitkan pemberita’an terang Aga.

Hal senada juga di sampaikan oleh Hanafi, bahwa tugas seorang  Jurnalis di lapangan penuh dengan resiko, makanya di harapkan kepada semua Wartawan, agar bisa menjaga Profesionalisme dan Independensi, bukan malah membela kepentingan seseorang. Wartawan di tuntut Profesional dalam menjalankan tugasnya di lapangan, bukan malah mementingkan suatu golongan/kelompok jelas Hanafi. apa yang di utarakan Hanafi di benarkan oleh Sigit, bahwa tugas seorang Jurnalis adalah memberikan Informasi yang akurat Obyektif dan Independen pungkas Sigit.

Sementara itu Hasyim menyatakan, bahwa dengan adanya Forum di harapkan agar Wartawan tidak lagi menjadi momok bagi Pemerintah/pelaku2 lain. dengan adanya peran Pers di tengah masyarakat sangat membantu sekali dalam memberikan Informasi dan bisa berbagi Informasi,Bakesbangpol akan selalu mendukung dan akan menjadi partner dalam segala hal, yang jelas kita akan sangat apresiasi sekali dengan adanya Forum Wartawan Lintas Media Jember urai Hasyim.

Ihya’ulumiddin selaku ketua Forum kepada Suara Sndonesia On Line mengatakan,terbentuknya Forum ini di dasari oleh keprihatinan nasib Wartawan Mingguan yang seakan di anggap sebelah mata oleh Pejabat Pemerintah Jember. maka dari itu kami membentuk Forum ini sebagai penampung aspirasi Wartawan dari semua Media.di sini kami berusaha memberikan arahan dan pelatihan Jurnalis,agar Wartawan bisa berprilaku lebih bijak dan santun dan menjadikan mereka Wartawan yang Professional dan Independen pungkas ihya’. (dik).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here