Disdik Gelar Pemilihan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan

oleh -149 views

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Dalam rangka pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Sumenep, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep menyelenggarakan pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan se Kabupaten Sumenep, mulai tingkat guru TK, SD, SMP hingga guru SMA.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Drs. H. Ach. Shadik, M.Si pada acara Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tahun 2014 Tingkat Kabupaten Sumenep di Hotel Utami Suekar Sumenep, Senin (02/06) mengungkapkan, para guru, mulai tingkat TK, SD, SMP dan SMA di Sumenep akan dipilih guru yang berprestasi, dan memiliki dedikasi tinggi.

“Disamping memilih guru berprestasi dan memiliki dedikasi, juga memilih guru sebagai tutor untuk dipilih menjadi duta Sumenep ke tingkat Propinsi Jawa Timur,”ungkapnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. Hadi Soetarto, M.Si saat membuka kegiatan pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan di Sumenep, berharap nantinya para guru mampu membangun pendidikan yang lebih baik. Karena, saat ini sangat dibutuhkan keberadaan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.

“Yakni, mereka yang tidak hanya bekerja apa adanya, apalagi ada apanya, tetapi mampu melakukan inovasi-inovasi yang nyata demi kemajuan pendidikan,”ungkapnya.

Menurutnya, inovasi, kreasi, dan karya nyata seorang pendidik, merupakan hal yang wajib terus dimunculkan jika ingin dunia pendidikan makin cerah di masa mendatang. Dan semua menyadari, bahwa tidak ada profesi yang lebih mulia sekaligus berat, kecuali profesi seorang pendidik.

Dalam penelitian menunjukkan, bahwa faktor yang paling penting dalam menentukan kualitas pendidikan yang diterima seorang anak adalah kualitas gurunya. Tidak mengherankan, bahwa sangat sulit untuk menemukan guru hebat. Setidaknya, ada beberapa karakteristik yang bisa disebut sebagai guru hebat.

Guru hebat menetapkan harapan tinggi untuk semua anak didiknya, memiliki tujuan tertulis yang jelas, selalu siap dan terorganisir, melibatkan para siswa, dan membuat mereka melihat banyak hal dalam berbagai cara, membentuk hubungan yang kuat dengan peserta didik, sering berkomunikasi dengan orang tua siswa untuk memahami karakter dan sekaligus untuk mengevaluasi anak didiknya.

”Kegiatan ini harus ada manfaatnya bagi perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Sumenep,”tambahnya. ( Ren )

Tinggalkan Balasan