Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Adakan Lomba Pangan Non Beras

Wakil Bupati Nias saat melihat peserta lomba

NIAS, Jumat (13/10/2017) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengadakan perlombaan Pangan Non Beras Tingkat Kabupaten Nias Tahun 2017 yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pertanian dan ketahanan pangan setempat, Jumat (13/10).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Fonaso Laoli, A.Md, SE mengatakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

“Meningkatkan pemanfaatan pangan berbasis pangan lokal dan produk olahannya, untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal serta Membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan yang bergizi seimbang, dan aman,” tutur Kadis.

Lanjut Kadis kegiatan ini dilaksanakan dengan sasaran kegiatan adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) dari 10 Kecamatan di Kabupaten Nias.

Penyelenggaraan Lomba Pangan Non Beras Kabupaten Nias Tahun 2017 ini mengundang juri sebanyak 5 orang terdiri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias, Ketua Darma Wanita Unit Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dari Dinas Kesehatan yang berlatar belakang Jurusan Gizi, Guru SMK Jurusan Tata Boga dan Kepala Seksi di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang sudah.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Nias, yang disampaikan oleh Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, SH. MH mengatakan pola konsumsi pangan sehat perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk menumbuhkan atau meningkatkan kesadaran terhadap pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk meningkatkan kualitas hidup, serta mendorong kreatif masyarakat pada umumnya ibu ibu rumah tangga, khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman sesuai potensi sumberdaya lokal. (T2g)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here