Diduga Membawa Sabu, Petugas Lanal Kuala Langsa Tangkap Kapal Seludupan

Kapal motor berlambung nomor GT34 No 378 PPD yang diduga membawa Sabu

Reporter : Rusdi Hanafiah

Langsa-Aceh, Suara Indonesia-News.Com – Petugas Lanal Kuala Langsa, berhasil tangkap kapal penyeludup selasa kemarin (9/2) di kuala parek kecamatan sungai raya, kabupaten aceh timur.

Kapal motor berlambung nomor GT34 No 378 PPD yang diduga membawa Sabu terdampar dengan kondisi lambung kapal bocor dan mesin mati, sehingga menyita waktu bagi petugas untuk menarik kapal tersebut melalui laut menuju pos Lanal Kuala Langsa.

Meskipun sebelumnya kapal penyeludup ini yang diduga ada membawa sabu, namun untuk sementara ini barang haram tersebut belum didapati petugas. Barang bukti yang ada hanya 250 bal Monza (alias pakaian bekas) dari luar negeri juga bawang dan gula pasir illegal.

“Kapal tak bertuan beserta barang bukti 250 bal pakaian bekas harus ditahan dulu di Pos Lanal Kuala Langsa. Kemudian setelah proses selanjutnya pasti akan kita limpahkan kepada pihak Bea Cukai Kota Langsa, ” Ujar Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Kolonel Marinir, Nasruddin dalam keterangannya, dihadapan sejumlah wartawan, Sabtu (13/2).

Dan Lanal lebih lanjut mengungkapkan, melihat kondisi kapal yang tidak berawak (kosong) kita prekdisikan bahwa kapal itu ada yang membawa Narkotika atau Senjata Api.

Menurut Nasruddin, mengapa kapal tersebut secara sengaja ditinggalkan tanpa ada seorangpun awak kapal atau terhadap yang bertanggung jawab terhadap keberadaan kapal di perairan aceh timur tepatnya di kuala parek.

“Upaya kerjasama ini berkoordinasi dengan Polisi, TNI-AD, Pemkab setempat, Bea Cukai, Dinas Kelautan dan Perikanan, guna mencari data pemilik kapal demi kepentingan penyelidik selanjutnya,”ujarnya.

Sumber lain menyebutkan, sebelumnya  tim gabungan Polres Langsa, Sub Den B Brimob Aramiah beserta Koramil Sungai Raya Kodim 0104 Aceh Timur, di hari pertama yaitu selasa kemarin (9/2) setelah mendapat informasi, Tim gabungan tersebut langsung merapat di TKP (tempat kejadian perkara). Tetapi hasilnya yang di dapati hanyalah satu unit kapal dalam kondisi mesin mati, serta semua awak kapal kabur sedangkan kapal kelihatan terdampar diperairan kuala parek, kecamatan sungai raya, kabupaten aceh timur. Sebut Nasruddin.

“Hal ini merupakan kronologis awal dan sebelum kapal penyeludup tersebut kita tarik ke Pos Lanal Kuala Langsa. Keberhasilan ini berkat kerjasama semua pihak, termasuk masyarakat dan peran Pers sangat kita harapkan,” Ucap Dan Lanal Kolonel Nasruddin mengakhiri pembicaraannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here