Dianggap Lebih Menarik, Antusias Calon Mahasiswa Ikuti Jalur SBMPTN Hari Ini

Para Masiswa Saat Mengikuti Tes SBMPTN

Reporter: Hasan

SURABAYA, Selasa (16/5/2017) suaraindonesia-news.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilaksanakan diseluruh penjuru Negeri ini, tak terkecuali di daerah Surabaya, tepatnya di Universitas Negeri Airlangga (UNAIR) Surabaya, Hari ini Rabu (16/05/2017).

Dalam seleksi SBMPTN ini secara aturan memberikan peluang bagi siswa secara keseluruhan, baik yang berprestasi ataupun tidak, karena dalam penilaiannya ditentukan dihari itu juga, dengan kata lain bila mayoritas benar dalam menjawab soal/sejenisnya akan mendapat poin banyak dan dinyatakan lulus, inilah yang membedakan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), dimana siswa akan diterima bila berprestasi diwaktu SMA, seperti nilai Raport, UN, output alumni sekolah, dan lain sebagainya.

Antusias siswa dalam mengikuti program SBMPTN ini lebih besar dari seleksi, SNMPPTN atau Ujian Mandiri Perguruan Tinggi, karena tes ini dianggap fair oleh para calon mahasiswa, seperti yang disampaikan oleh salah satu peserta SBMPTN yang menyebut dirinya Vika (17) yang mengambil jurusan Biologi asal Sidoarjo ini.

“Saya enggan mau masuk SNMPTN, lebih baik lewat jalur tes SBMPTN, karena kita tau mana dan lebih bisa mengukur saingan dengan persiapan sebelumnya, ini namanya kompetisi terbuka,” Katanya.

Lain dengan pendapat Riko (16) asal Sumenep yang sudah ikut dalam jalur SNMPTN, namun dirinya tidak lulus dan mencoba kedua kalinya lewat jalur SBMPTN hari ini, dimana harapan besar untuk bisa lolos dan masuk di Perguruan Tinggi Negeri.

“Saya kemarin sudah ikut jalur SNMPTN, cuma tidak lulus, makanya sekarng ikut lagi masuk SBMPTN, dan harapan besar saya untuk bisa lulus,” Ungkapnya.

Ketika ditanya soal potensi peluang untuk lulus lewat jalur SBMPTN, Riko menjawab tetap optimis, karena dirinya sudah mempersiapkan tes ini melalui iku Bimbingan Belajar (Bimbel) di Pare, Kediri.

“He…he.., pasti lulus lah, kan saya sudah persiapan sebelumnya, bimbel kemarin di Pare,” Tutupnya

Jalur SBMPTN di Surabaya dilaksanakan dibeberapa Perguruan Tinggi yang ditunjuk sebagai tempat tes calon Mahasiswa, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, seperti di Unisa Surabaya, UIN Sunan Ampel, UNAIR Surabaya, ITATS, ITS Surabaya yang diikuti Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here