Di Pasar Batu, BPOM Temukan dua Makanan Mengandung Bahan Berbahaya

BPOM jatim Uji Laboratium Makanan di Kantor UPT Pasar Besar Batu, Foto: Adi Wiyono/SI

KOTA BATU, Selasa (24 Juli 2017) suaraindonesia-news.com – Hati-hati kepada masyarakat yang hendak membeli makanan di Pasar Besar kota Batu atau di pasar lainnya karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jawa timur, dan UPT Pasar Besar Batu, Selasa (24/07) siang menemukan dua makanan yang mengandung bahan berbahaya.

Razia makanan di pasar tradisional kota Batu itu, 25 makanan yang diambil sampelnya terdapat dua makanan yang terdapat kandungan zat berbahaya di dalam makanan yang di jual bebas di Pasar Besar kota Batu.

“Setelah dilakukan uji laboratorium Oleh BPOM, makanan yang dijual bebas di Pasar kota Batu itu ternyata ada yang mengandung obat berbahaya dan ini juga berbahaya untuk dikonsumsi,” kata Ali Erfan Kepala UPT Pasar Batu saat ditemui usai uji laboraatorium.

Ditemukan kandungan makangan mengandung bahan kimia berbahaya itu, Kata Erfan setelah petugas dari BPOM Jatim membeli sampel makanan dari setiap penjual jajanan.

Seperti kue lopiz, kue basah dan makanan seperti tahu juga tempe yang di jual pedagang di pasar Batu. Baca Juga: Ditinggal Ke Pasar, Rumah Warga Pujon Terbakar

“Satu persatu jajanan atau makanan itu, Petugas BPOM langsung melakukan uji laboratorium untuk mengetahui kandungan zat yang terdapat di makanan tersebut. Dari 25 sampel makanan, dua jenis makan mengandung borax,” jelasnya.

Lanjutnya, dari hasil uji laboratorium itu terdapat dua jenis makanan yang mengandung zat berbahaya seperti borax dan formalin.

“Namun BPOM tidak bersedia menjelaskan lebih lanjut jenis makanan apa yang mengandung zat berbahaya tersebut,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, jika kegiatan ini selain sidak makanan juga untuk pemberian bimbingan teknis kepada para pegawai di UPT Pasar Batu, agar mengerti tentang zat berbahaya yang ada di dalam makanan.

Dari bimbingan itu UPT Pasar kota Batu akan menjadikan dua pegawainya yang akan di tugaskan sebagai pengawas makanan dan minuman berbahaya di pasar kota Batu dan bekerjasama dengan BPOM Jawa Timur (Adi Wiyono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here