Di Bulan Ramadhan, Kapolres Jember Mengajak Jajarannya Menyampaikan Pesan Kantibnas Dengan Berda’wah

Untuk menjaga kondisi kamtibmas di Kabupaten Jember tetap kondusif serta terjalinnya hubungan masyarakat dengan polri pada saat bulan Ramadhan, kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH., S.I.K. bersama para Kabag, Kasat, Kapolsek serta beberapa anggota babinkamtibmas, menghadiri acara “ Diklat Dakwah Islmaiyah ” yang bertemakan “Iman dan Aman” yang di pimpin oleh KH. Muhyidin Abdussomad di pondok pesantren Nuris  Kelurahan Antirogo kecamatan Sumbersari kabupaten Jember. Sabtu (20/6/2015).

Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif S.H, S.I.K dalam pembukaannya menyampaikan beberapa waktu yang lalu telah mengundang beberapa tokoh agama, untuk menjalin hubungan silaturahmi guna saling sharing dengan masyarakat yang membutuhkan. Dalam bulan suci Ramadhan ini Kapolres Jember juga menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk dapat berdialog di depan masyarakat pada saat sholat Jum’at guna menyampaikan pesan kamtibmas.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif S.H, S.I.K juga mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Jajaran Polres Jember selama bulan Ramadhan 1436 H ini seperti Hidangan Kurma (Himbauan Dan Peringatan Dikala Menjelang Berbuka Puasa), Sajadah dan Tasbih (Selalu Menjaga Aset Disaat Ibadah dan Tertib Aturan Saat Berangkat Ibadah), Opor Sahur ( Operasi dan Patroli Polisi Saat Sahur) dan Silaturahmi (Sinergitas Dalam Rangka Menciptakan Situasi Rasa Aman Dan Humanis Menjelang Idul Fitri).

Selanjutnya, pada acara inti tersebut KH. Muhyidin Abdussomad memberikan dakwah Islamiyah tentang “apa arti hidup”, yang kemudian di sampaikan bahwa hidup dalam kehidupan merupakan misteri dimana manusia terlahir bukan atas kehendaknya sendiri, dari pasangan ibu dan bapak yang bukan pilihannya waktu dan tempat kelahirannya pun diluar perencanaan.

KH. Muhyidin Abdussomad juga menyampaikan dapat dipahami bahwa hidup ini akan bermakna apabila diisi dengan ibadah dengan segala macam bentuknya, baik ibadah Gairu Mahdhah  yang tata cara pelaksanaannya sesuai dengan kebutuhan ataupun mahdhah seperti sholat dan puasa yang diatur dalam syariat, yang jika dikaitkan dengan tugas polisi menjaga keamanan, mengatur lalu lintas, mencegah beberapa hal yang merugikan masyarakat. Semua ini bernilai ibadah apabila dilandasi dengan ketulusan dan kejujuran.

Tema yang di angkat pada acara tersebut, iman dan aman, sehingga pekerjaan polisi dapat menjadi contoh sebagai salah satu bentuk ibadah yang pada akhirnya akan memberikan rasa aman terhadap masyarakat.

Acara yang diakhiri dengan pemberian hadiah kepada perwakilan kapolsek dan bintara yang telah menang dalam uji keterampilan ceramah serta dilanjutkan dengan pemberian tali kasih kepada pondok pesantren Nuris guna menjaga silaturahmi terhadap masyarakat serta menciptakan suasana kamtibmas tetap kondusif di Kabupaten Jember, sehingga menimbulkan rasa aman bagi warga masyarakat Jember,  acara di tutup pada pukul 14.30 WIB serta dilanjutkan dengan sholat Ashar berjemaah.(Adhi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here