Dewan Ungkap Data KF Amburadul

SAMPANG, Suara Indonesia–News.Com–Komisi IV DPRD Kabupaen Sampang mengungkapkan temuan yang cukup mencengangkan dalam pelaksanaan program Keaksaraan Fungsional (KF).

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sampang Amin Arif Tirtana menyatakan, bahwa peserta KF di daerahnya terdapat yang sudah bisa baca tulis.

“Sesuai temuan dan laporan yang masuk ke kami, peserta KF bukan dari buta aksara,” ungkap Amin Arif Tirtana, kemarin.

Lanjut Amin, terungkapnya peserta KF yang diketahui bisa baca tulis itu dalam data program di tahun 2014 kemarin. Pihaknya juga telah memanggil Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Disdik Kabupaten Sampang.

“Kami mengklarifikasi temuan terkait KF itu. Peserta itu diketahui juga bisa baca tulis, itu yang membuat kami heran,” jelasnya.

“Temuan kita di Kecamatan Karang Penang dan Camplong. Maka dari itu kami tekankan Disdik melakukan validasi data agar tidak terulang lagi,” imbuh Amin.

Terpisah, Kepala Bidang PNFI Disdik Kabupaten Sampang Nor Alam mengatakan, dengan kondisi tersebut pihaknya telah melakukan validasi data sebelum pelaksanaan KF.

“Dari hasil validasi, sebagian memang ditemukan tidak memenuhi syarat, namun hanya segelintir saja dan itu sudah kami coret dari daftar peserta KF,” pungkasnya. (nor/luk).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here