Dengan Bangga Jokowi Resmikan Waduk Nipa

Joko Widodo Presiden RI

Reporter : Nor/Luk

Sampang, Suara Indonesia-News.Com – Dengan mengunakan heli, rombongan presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sekitar pukul 13.40 WIB, mendarat di Desa Montor Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang.

Pantauan di lokasi, sejumlah pejabat dan Kementrian PUPR, Direktorat Jenderal SDA Balai besar wilayah sungai Brantas-SNVT PJSA menyambut orang nomer satu di Indonesia tersebut.

“Waduk ini untuk jangka panjang dan untuk produksi pangan kita,” ujar Jokowi usai meresmikan Waduk Nepa, Sabtu (19/3/2016).

Lebih lanjut presiden mengatakan, Dalam kesempatan peresmian tersebut, orang nomor satu di Republik Indonesia itu juga berharap agar daerah tangkapan air Waduk Nipah dipelihara oleh pemerintah daerah dengan memperhatikan sistem konservasi yang baik. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah perbandingan debit maksimum dan debit minimum di bawah 50, laju sedimentasi maksimum 2 mm/tahun, dan rasio ruang terbuka hijau minimal 30%.

“Saya berharap waduk Nipah ini agar dijaga dan dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah dan provinsi untuk kepentingan masyarakat dan ketahanan pangan,” tandasnya.

Sekedar diketahui, waduk Nepa yang dibangun menghabiskan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 168.249.980.000 tersebut. Pada saat pembebasan lahan sekitar 23 tahun yang lalu, tepatnya 23 September 1993 terjadi insiden yang mengakibatkan 4 nyawa warga setempat melayang serta puluhan warga luka-luka.

Empat korban insiden waduk Nepa tersebut diantaranya, Mutirah (51), Nindin (14), Simuki alias Supriadi (24), dan Muhammad (38). Tak hanya itu, hingga saat ini tak semua target kebutuhan lahan pembangunan Waduk Nepa seluruhnya rampung. Sebab, kebutuhan luas waduk Nepa yaitu 527 hektare, sedangkan saat ini hanya 489 hektare, atau kurang 38 hektare.

Sesuai dengan rencana dibangunya, waduk Nepa tersebut untuk mengairi lahan pertanian di 1.150 hektare. Dengan harapan air waduk tersebut bisa menjadi tumpuan irigasi persawahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here