Dayah Darul Ulumuddiniyah Gelar Maulid Akbar

Reporter: Nazli Md.

Abdya-Aceh, Kamis (12/1/2017) suaraindonesia-news.com – Dayah Darul Ulumuddiniyah Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) merayakan peringatan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1438 H/2017, yang berlangsung diDayah setempat Desa Rambong.

Khusus di Aceh misalnya, dikenal dengan sebutan Kanduri Maulod atau Kenduri Maulid. Masyarakat Aceh menyebut acara ini sebagai peringatan hari kelahiran Pang Ulee (penghulu alam) Nabi Muhammad SAW.

Dari hasil pantauan Suaraindonesia-news.com, menu hidangan, selain disiapkan panitia juga dibawa oleh masyarakat mulai dari buah-buahan, hingga nasi kotak, nasi bungkus daun pisang hingga rantang yang berisi gulai siap saja.

Ketua Panitia Peringatan Maulid, Drs, Tgk Darmi Mustafa mengatakan sebelum digelarnya  hari Maulid Akbar, panitian telah melaksanakan bermacam-macam lomba untuk Santri dan santriwan diDayah Darul Ulumuddiniyah.

“Lomba-lomba yang digelar sebelum hari puncak maulid akbar yakni. Perlombaan MTQ tingkat Santri dan santriwan, Khutbah untuk santri remaja dan santriwan dewasa, lomba pidato lomba sholat jenazah, cerdas cermat serta fahmil qur’an,” sebutnya.

Pimpinan Dayah Darul Ulumuddiniyah Syekh H Abdussalam Ghaliby melalui Drs TGk. H Asnawi MY, mengatakan terima kasih kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu serta pemuda/pemudi yang telah memberikan waktu ruang untuk menghadiri undangan Dayah darul Ulumuddiniyah ini.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan, Drs.  M. Hanafiah AK, SH. MM mengakui Luar biasa antusias masyarakat di kecamatan setia dalam merayakan Maulid Nabi

”Saya terkesima dan sangat senang melihatnya, Kita harus mengambil pelajaran dari kelahiran Nabi Muhammad membangun kebersamaan umat, Suasana ini menggambarkan kecintaan umat muslim terhadap Nabi Muhammad SAW. Semoga umat Islam selalu dilindungi oleh Allah Swt, Amiiin,” demikian pungkas Hanafiah.

Acara peringatan maulid tersebut juga dirangkaikan dengan ceramah agama pada malamnya yang disampaikan oleh pimpinan balai pengajian Al-Hijjrah Tgk. Usman berasal dari Sawang Aceh Selatan.

Selain dihadiri oleh asisten I Drs M Hanafiah AK Sh MM juga terlihat Staf khusus bupati M Ansar, Kabag Humas Setdakab Mawardi, Camat Setia Ariswandi SE, Sekcam Sayuti, tokoh masyarakat setia Tgk, nyak sarong, sejumlah aparatur desa dalam se kecamatan setia, dan pemuda pemudi serta undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here