Datangkan Satu Ekor Badak Asal Skotlandia, Jatim Park 2 Keluarkan Kocek Rp 1,1 Miliar

Badak india asal skotlandia

KOTA BATU – Sabtu (9/6/2018) suaraindonesia-news.com – Hanya demi memanjakan pengunjung yang datang ke Jatim Park 2 saat libur lebaran, management rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengoleksi satu ekor badak India asal Skotlandia.

Meski badaknya gratis, management tetap saja harus mengeluarkan biaya tranportasi yang tidak sedikit yakni 70.000 Euro atau setara nilai Rp 1,1 Miliar
Marketing and Public relation manager Jawa Timur Park Goup Titik S Ariyanto mengungkapkan, pihaknya akan memanjakan pengunjung saat lebaran dengan mempersembahkan wahana yang benar-benar spektakuler mengoleksi satwa baru yang pertama di Indonesia yakni badak India asal Skotlandia.

“Badak yang didatangkan dari Eropa ke Batu Secret zoo itu diberikan secara gratis oleh EAZA (European Association Zoo & Aquaria), namun proses biaya tranportasinya yang mahal, dari sana ke Indonesia itu habiskan biaya sedikitnya 70.000 Euro atau setara Rp, 1,1 miliar, dengan asumsi nilai tukar rupiah sekitar Rp 16.400,” kata Titik.

Baginya, kata titik tidak masalah soal biaya, yang terpenting pengunjung saat lebaran nanti bisa puas dan senang dengan adanya berbagai koleksi satwa di Batu Secret zoo.

“Badak india asal skotlandia ini melakukan perjalanan yang sangat pajang selama hampir 48 jam dimulai dengan perjalanan darat dari Edinburgh zoo, Scotlandia ke bandara Luxembourgh, Belgia,” ungkap Titik, Sabtu (9/6/2018).

Setelah itu kata dia, diangkut dengan pesawat khusus cargo dari Luxembourgh ke bandara Juanda di Surabaya Indonesia dan langsung menuju ke Batu Secret Zoo. Kepala keeper dari Edinburg zoo dan staff dari Jatim park mengawal transportasi badak India ini.

Titik S Ariyanto manager marketing Jatim Park Group

Titik menyebut, Badak India koleksi baru batu secret zoo bernama Bertus, berjenis kelamin jantan. Bertus lahir di Rotterdam zoo, Belanda pada tanggal 13 juli 2008, kemudian dikirim ke Edinburgh zoo pada tahun 2010. Ketika memasuki usia dewasa kelamin, Bertus dipindah ke Batu Secret Zoo, Indonesia.

Sementara itu, Dadang Dani Subrata Project Coordinator Yayasan Badak Indonesia mengatakan Populasi Badak India di Eropa terdapat 60 ekor yang tersebar di 20 kebun binatang. Di amerika, populasi badak india ada 50 ekor yang tersebar di 20 kebun binatang. Sedangkan di asia sendiri (kecuali India dan Nepal) hanya beberapa kebun binatang yang memiliki koleksi badak india diantaranya Chiang Mai zoo di Thailand, Singapore zoo, Tokyo Zoo di Jepang, dan Batu Secret Zoo Indonesia.

“Badak india adalah badak bercula satu terbesar di dunia, dengan tinggi badan mencapai 2 meter dan berat badan antara 2800- 3000 kg. Persebaran badak ini biasa ditemukan di India bagian utara seperti Nepal dan Bangladesh,” tuturnya.

Lanjut dia, Badak india berhabitat di padang rumput terbuka dekat dengan sungai. Pada awal abad ke 20 populasi badak india hanya tinggal 200 ekor akibat perburuan liar sehingga populasinya hampir punah. Dan karena usaha program konservasi badak, sekarang jumlah badak india semakin meningkat mencapai kurang lebih 3500 ekor.

Reporter : Adi wiyono
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here