Danrindam IM Secara Resmi Buka Pendidikan Pertama Bintara TNI Tahun 2018

Danrindam IM, Kolonel Inf Niko memeriksa barisan pada saat pembukaan pendidikan calon Bintara prajurit.- SI/Rusdi Hanafiah

BANDA ACEH, Rabu (3/10/2018) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 180 orang Calon Bintara Prajurit Karier (PK) TNI Tahun 2018 yang dinyatakan lulus, mengikuti Pendidikan Pembentukan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Darat, di Lapangan Rindam Iskandar Muda, Mata Ie.

Acara resmi pembukaan pendidikan dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Komandan Resimen Induk Daerah Militer Iskandar Muda (Danrindam IM) Kolonel Inf Niko Fahrizal, sedangkan Komandan Upacara oleh Komandan Sekolah Calon Bintara (Dansecaba) Rindam Iskandar Muda Letkol Inf Yogi. Bk Skom, M.B.A.

Pada kegiatan upacara pembukan pendidikan, Danrindam IM Kolonel Inf Niko membacakan Amanat Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko menyampaikan selamat kepada para siswa Bintara TNI AD yang telah masuk dan akan mengikuti pendidikan di Lembaga Pendidikan (Lemdik) Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam IM dengan jumlah siswa 180 orang.

Dikmaba PK adalah pendidikan bagi calon Bintara TNI AD yang telah lulus tes mulai dari tahapan administrasi sampai Pantukhir. Dimana pendaftaran jalur ini hanya dibuka satu tahun sekali oleh Markas Besar TNI Angkatan Darat.

Selama mengikuti pendidikan pertama Calon Bintara TNI AD tersebut, mereka akan diberikan materi materi dasar kemiliteran, sehingga kelak mampu menyesuaikan diri sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Melalui pendidikan ini para prajurit siswa akan dididik, digembleng baik fisik maupun mental serta akan dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan militer sebagai bekal dasar untuk menjadi prajurit TNI-AD.

“Saya berharap agar para prajurit siswa bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam mengikuti pendidikan dasar ini, sehingga nantinya dapat memahami dengan sebaik-baiknya, karena seorang Bintara merupakan unsur pimpinan dalam regu maupun Tim di dalam satuannya,” sebutnya.

Pihaknya mengajak, untuk memupuk rasa kebersamaan sesama prajurit siswa yang dilandasi oleh semangat dan jiwa korsa yang tinggi untuk meraih prestasi yang baik, kesemuanya ini adalah bekal untuk melaksanakan tugas disatuan nantinya, lebih baik mandi keringat dalam latihan dari pada mandi darah gagal di medan pertempuran.

“Laksanakan semua petunjuk pembina dan pelatih dengan hati yang ikhlas. Jangan sesekali bertindak ceroboh dan melakukan kegiatan tanpa sepengetahuan pembina atau pelatih. Selain itu, selama pendidikan agar selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” tutup Danrindam IM Kolonel Inf Niko Fahrizal.

Kegiatan upacara pembukaan Dikmaba PK TNI tahun 2018 turut dihadiri antara lain, Asintel, Aspers, Kajasdam dan Kakesdam Kasdam IM, para Tamu Kodam IM, para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Rindam IM.

Reporter : Rusdi Hanafiah
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here