Dana Bergulir Dinas Koperasi Kabupaten Malang diduga bermasalah

SUARA INDONESIA-NEWS.COM, MALANG – Unit  Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dana Bergulir Dinas Koperasi Kabupaten Malang diduga bermasalah, pasalnya dari hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2011 atas pengendalian intern LKPD Kabupaten Malang Tahun Anggaran (TA) 2010 pada temuan mengungkapkan bahwa Pendapatan dan Belanja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dana Bergulir tidak disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran.

Hal itu  berdasarkan Peraturan Bupati Malang Nomor 72 tahun 2008, bahwa UPTD dalam menerapkan pola pengelolahan keuangan mengacu pada kepada Keputusan Bupati Malang Nomor 180/273/KEP/421.013/2009 tentang penetapan UPTD Dana Bergulir pada Dinas Koperasi dan UMKM untuk menerapkan Pola Pengelolahan Keuangan (PPK BLUD) dengan status BLUD Bertahap, Namun UPTD baru menjalankan usaha secara aktif sejak Juli 2010.

Sementara itu pada TA 2011, UPTD Dana Bergulir telah membuat Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) BLUD yang merupakan penjabaran dari program dan kegiatan BLUD dengan berpedoman pada pengelolahan keuangan BLUD, selain membuat RBA BLUD, UPTD juga membuat Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang memuat pendapatan belanja.

Selama ini, RBA UPTD Dana Bergulir tidak dikonsolidasikan dengan RKA SKPD dan tidak disajikan dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD, laporan Realisasi Anggaran Pemerintah Kabupaten Malang juga tidak menyajikan pendapatan belanja UPTD Dana bergulir TA 2011 yang terdiri dari pendapatan Usaha sebesar Rp. 240 juta lebih, Belanja Pegawai sebesar RP. 102 juta lebih, Belanja Barang dan Jasa sebesar Rp. 83 juta lebih.

Sementara itu sekertaris dinas koperasi saat di temui di kantornya menjelaskan, jika dana tersebut berlangsung hingga tahun ini.

” bantuan dana bergulir itu memang ada dan berlangsung hingga saat ini mas” jelasnya ke wartawan Suara Indonesia (SI).

Sedangkan kepala dinas koperasi kabupaten malang saat di hubungi via telpon selulernya menerangkan,jika saat itu bukanlah zaman kepemimpinnannya.

“Saya akan coba hubungi bu made yang saat itu menjabat kepala dinas koperasi dan bu marisa selaku kepala BLUD” terang suko demikian kepala dinas ini biasa disapa.

Sedangkan hasil informasi yang di himpun oleh tim SI, untuk saat ini Bu Made sedang menjabat kepala dinas Lingkungan Hidup kabupaten malang, untuk Bu Marisa sendiri saat ini sedang melangsungkan ibadah umroh ketanah suci mekah dan sekaligus  bertahun baru di kota haram.(Tim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here