Dalam Rangka Mengukur Kesiapan Bidan, Kabid Kesmas Dinkes Sumenep Lakukan Validasi Ke Polindes dan Puskesmas Se Kab. Sumenep

oleh -329 views
Kusmawati, Kabid Kesma Dinas Kesehatan Sumenep

Suara Indonesia-News.Com, Sumenep – Dalam rangka memantau dan mengukur kesiapan bidan, Kepala Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kabid Kesmas) Semunep, Kusmiyati, melakukan sidak ke Pos Pelayanan Desa (Polindes) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Sumenep, rabu (25/03/2015).

“Kami melakukan falidasi ke bawah supaya bidan yang ada di bawah siap kapanpun ada pasien dan sebagainya mereka sudah betu-betul siap,” papar Kusmawati.

Menurutnya, seorang bidan harus siap kapanpun dan tidak ada waktunya, karena kalau seorang bidan tidak siap maka menurut Kusmawati akan berakibat fatal.

Tidak hanya itu, Kusmawati juga menjelaskan harus ada standar oprasional (SOP) yang sudah siaap, kemudian sarana dan prasarana, karena itu penunjang dalam memberikan pelayanan.

“Jadi intinya kita melakukan sidak mendadak kepolindes supaya bidan kapanpun dan dimanapun dia harus siap melakukan pelayanan dengan sarana dan prasarana yang lengkap,” ujarnya.

Ditambahkan, Selai itu, Untuk melihat secara langsung keadaan polindes yang sebenarnya, yang pertama untuk melihat kesiapan kesemua bidan secara sepontan seperti apa kesiapan mereka dibawah. kalau kelihatannya bagus ya tetap bagus kalau memang amburadul akan terlihat di situ, papar Kusmawati.

Ia berharap, dengan sidak tersebut, semua bidan terutama yang ada di sumenep harus siap, karena pelayanan persalinan sewaktu-waktu itu tidak bisa kita perediksikan kalau sudah semua alat itu lengkap sarana dan prasarana kapanpun masyarakat minta pertolongan bidan maka bidan sudah siap dengan sarana yang ada dan SOP (standar oprasional pelayanan) yang sudah di tentukan. Pangkas Kusmawati. (liq/Adv).

Tinggalkan Balasan