Cegah Kejahatan Teknologi Sejak Dini, Satreskrim Dukung Kegiatan R-TIK

LUMAJANG, Jumat (5/10/2018) suaraindonesia-news.com – Setelah jalin koordinasi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (R-TIK) Kabupaten Lumajang melanjutkan koordinasi ke Satreskrim Polres Lumajang.

Sejumlah Pengurus R-TIK Kabupaten Lumajang diterima langsung oleh Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran SH MHum diruang kerjanya.

Hal yang sama disampaikan Ketua R-TIK Kabupaten Lumajang, M Widady yang mengatakan bahwa pihaknya bertekad menjadikan R-TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan / penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa.

“Kepada Kasat Reskrim, kami memperkenalkan diri juga sekaligus memberikan masukan apa yang akan dilakukan oleh R-TIK untuk Lumajang,” kata Widady kepada Kasat Reskrim.

Yang jelas R-TIK, menurut Widady kepada media ini mengatakan bahwa akan menjalan misinya secara Internal (mikro).

“Yaitu dengan menyiapkan anggota dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan individual maupun kerjasama kelompok guna menyelenggarakan tugas-tugas edukasi sosial, pemberdayaan maupun kegiatan insidental,” katanya kepada media ini.

Selain itu, misi yang kedua kata pemuda asal Kecamatan Yosowilangun ini, adalah Organisasional (meso), yaitu dengan menjadikan R-TIK sebagai sebagai satuan yang mampu bereaksi cerdas, tanggap, bergerak cepat serta bertindak cermat dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Tanya Nasib Pedagang, Ketua Paguyuban Diajak Carok 

“Sedangkan misi yang ketiga adalah misi secara Nasional (makro), yaitu R-TIK akan berkontribusi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusiaan, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, kata Widady, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Kodim 0821 dan instansi lainnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran SH MHum, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan dari R-TIK Kabupaten Lumajang.

“Saya sangat senang sekali atas kunjungan ini. Nanti ke depan jika ada kegiatan kami siap memberikan materi untuk mengisi kekosongan kegiatan kami,” katanya.

R-TIK ini menurut Kasat Hasran sangat mendukung, bisa saling mengisi, sebab kejahatan terkait dengan teknologi semakin meningkat.

“Dengan memberikan himbauan dini, dimungkinkan dapat mencegah dini kejahatan teknologi. Banyak kasus di Lumajang yang bisa diungkap, dengan alat yang menunjang di divisi cyber crime,” pungkasnya.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Amin
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here