Camat H. Zakaria SE, Lantik Mukim Langsa Lama

oleh -301 views
Camat Langsa Lama H Zakaria SE sedang memcakan sumpah jabatan saat melantik Sujani menjadi Mukim, Jum'at (15/1/2016) SI/Rusdi Hanafiah

Reporter : Rusdi Hanafiah

Langsa-Aceh, Suara Indonesia-News.Com – Camat Langsa Lama H Zakaria SE, dengan resmi melantik Sujani (mantan geuchik meurandeh) menjadi Mukim periode 2016 – 2021, di Aula Gedung Olah Raga (GOR) Kecamatan setempat, Jum’at (15/1/2016).

Dalam kesempatan itu, H Zakaria juga menyampaikan keberadaan pemerintah mukim telah diatur secara cukup jelas dan tegas dalam undang undang dan Qanun. Yaitu didalam undang undang nomor 11 tahun 2006 tentang pemerintah aceh, dan sebagai penjabaran atau peraturan pelaksanaan dari undang undang tersebut sesuai Qanun Provinsi Aceh Nomor 4 Tahun 2003 tentang pemerintah mukim.

Camat Langsa Lama, H Zakaria SE saat pelantikan Sujani mengatakan ucapan terima kasihnya kepada Mukim Dosamin Selian yang sebelumnya menjadi mukim, semua tugas yang diberikan telah banyak membantu kecamatan langsa lama

Adapun tugas Mukim terpilih dinyatakan bahwa mukim mempunyai tugas menyelenggarakan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat dan peningkatan pelaksanaan Syariat Islam yang sudah diatur Undang Undang di wilayah kecamatan langsa lama, yakni khususnya Kota Langsa.

Setelah tiga kandidat Mukim yang di pilih, diantaranya Dosamin Selian, memperoleh 27 suara. Sujani memperoleh 40 suara dan Zainal Abidin hanya mendapatkan 13 suara.

Adapun sistem pemilihan Imuem Mukim perangkat desa berhak memberikan suara sebanyak 6 0rang untuk memenangkan calon Mukim, yang diikuti peserta dari 15 Desa di Kecamatan Langsa Lama, Yakni, Desa pemilih, Gampong Bate Puteh, Baroh Langsa Lama, Kampung Baru, Asam Peutek, Meurandeh Tengah, Meurandeh Aceh, Meurandeh Dayah, Sidodadi, Siderojo, Pondok Pabrik, Selalah Baru, Selalah, Pondok Kemuning, Sukajadi dan Kebun Ireng.

Camat Langsa Lama H Zakaria SE sangat berharap kepada Mukim yang dilantik kedepannya kemukiman di daerah ini lebih mandiri, beraklak dan berbudaya kepada masyarakat khususnya dalam Pemerintah Kota Langsa.

Pantauan Suara Indonesia, pelantikan Imuem Mukim tersebut di hadiri oleh Kapolsek Langsa Timur Iptu Azwan, Koramil 30 Langsa timur yang diwakili Danpos Langsa Lama Serma Ramli, para Geuchik dan tokoh adat dalam kecamatan langsa lama. dan pelantikan berjalan tertib.

Tinggalkan Balasan