Bursa Inovasi Desa, Ini Kata Kepala DPMP4K Abdya

Kepala Dinas DPMP4K Abdya, Ruslan Adly

ACEH ABDYA, Jumat (29/12/2017) suaraindonesia-news.com – Terkait dengan Bursa Inovasi Desa (BID) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Aceh Barat Daya (Abdya) Ruslan Adly menegaskan kegiatan ini sangat penting untuk disampaikan kemasyarakat, bukan hanya putus di tengah jalan.

Pernyataan itu disampaikan Ruslan kepada suaraindonesia-news.com saat ditemui diruang kerjanya. Jumat (29/12).

Menurutnya, acara yang dibuka wakil bupati Abdya, Muslizar, MT itu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, dalam membangunan Desa secara berkualitas dan dapat mendorong ekonomi lokal serta sumber daya manusia.

“Salah satu cara dalam mengotimalkan dana Desa ini yakni, melakukan inovasi yang lebih kreatif sesuai dengan potensi di Desa masing-masing, dimana desa harus bisa melakukan kreatifitas nantinya bisa menjadi nilai tambah dalam peningkatan penghasilan perkapita masyarakat di tiap Desa,” jelas Ruslan.

Baca Juga: Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Lantik Bupati Aceh Tamiang Periode 2017 – 2022 

Lebih lanjut, ia mengatakan mengingat petingnya BID menjadi ajang berbagi pengetahuan antar pemerintah desa dalam pembangunan di tiap Desa.

“Tujuan utama bursa inovasi, pertama membangun komiitmen replikasi, jika peserta atau kepala desa melihat ada ide-ide yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat nantinya akan menjadi duplikasi dalam menu Bursa Inovasi Desa,” terang Ruslan.

Harapannya, kata Ruslan, BID itu dapat menghadirkan program inovasi Desa, dengan cara musyawarah bersama terkait kebutuhan setiap Desa yang ada dengan skala prioritas terhadap layanan teknis yang berkualitas, dalam praktek pembangunan yang seefektif mungkin, sehingga dapat membantu Desa-desa dalam mengidentifikasi potensi-potensi inovasi dalam pengelolaan dana Desa sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Reporter : Nazli Md
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here