Bupati Jember Beber Kriteria Penerima Beasiswa Kepada Mahasiswa

Mahasiswa saat dilakukan wawancara di Aula PB sudirman Pemkab Jember. (Foto: istimewa).

JEMBER, Senin (9/10/2017) suaraindonesia-news.com – Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, menjelaskan kriteria penerima beasiswa kepada calon penerima beasiswa saat dilakukan wawancara mahasiswa di Aula PB Sudirma Pemkab Jember pada hari, Minggu (08/17).

Menurutnya, pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang berada di ekonomi lemah merupakan bagian dari program kerja selama pemerintahannya.

Sementara kriteria lain untuk calon penerima beasiswa tersebut adalah mahasiswa difabel, anak veteran, keluarga buruh tani dan perkebunan, dan mahasiswa yang putus kuliah karena faktor ekonomi serta untuk guru PAUD, TK dan sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Baca Juga: BNN Sinyalir Atlet Ekonomi Mapan Rentan Penyalahgunaan Doping

“Itu adalah syarat-syarat umum, karena pada prinsipnya kita ingin membantu putera puteri terbaik Jember untuk tetap dapat mengenyam pendidikan perkuliahan dengan baik,” tegas Bupati.

Setiap tahun akan digelontorkan dana bagi 1.000 mahasiswa, hingga lima tahun kepemimpinanya. Dana yang telah disiapkan mencapai hampir Rp 19 miliar.

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa akan menerima bantuan sebesar nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang di setiap jurusan dan perguruan tinggi berbeda besarnya.

Tidak hanya uang kuliah. Mereka yang menempuh pendidikan di luar Jember bahkan mendapatkan suplai biaya hidup.

“Selain itu ada juga bantuan biaya hidup bagi mahasiswa asal Jember yang berkuliah di luar kota, meskipun jumlah penerimanya nanti tidak banyak,” ucapnya.

Terkait jumlah penerima suplai biaya hidup ini, Bupati meminta keiklhasan seluruh calon penerima untuk mendahulukan mereka yang paling membutuhkan.

“Untuk biaya hidup sebesar Rp. 750 ribu setiap bulan,” pungkasnya. (Eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here