Bupati Ingatkan ASN Bayar Zakat

Bupati Jember, dr. Hj, Faida paling kiri

JEMBER , Sabtu (09/06/2018) suaraindonesia-news.com – Membayar zakat sudah menjadi keharusan, oleh karena itu Bupati Jember, dr. Hj, Faida, MMR mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menunaikan zakatnya. Sementara itu berkaitan dengan pembayaran zakat, Bupati menghimbau para ASN untuk menyalurkannya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang merupakan lembaga yang legal yang menangani penghitungan zakat serta pendistribusian infaq dan shodaqoh.

Badan Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jember, Jumat (8/6/2018) malam, melakukan sosialisasi serta penghitungan zakat maal kepada seluruh pejabat yang ada di lingkungan Pemkab Jember di Aula Pendopo Wahyawibawa Graha.

Ketua BAZNAS Jember, H. Misbahul Salam, mengatakan bahwa kekuatan zakat merupakan kekuatan ekonomi yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk membangun kehidupan ekonomi masyarakat secara bergotong royong.

Jember sendiri, lanjutnya, merupakan Kabupaten yang masih memiliki kantonf kemiskinan tinggi diantara Kabupaten-Kabupaten yang ada di Jawa Timur.

Untuk itu, lebih lanjut Misbahul Salam, mengatakan perlu adanya dorongan motivasi bagi para masyarakat Jember yang hidupnya beruntung agar memberikan zakat maal ataupun infaq dan shodaqohnya kepada masyarakat miskin yang ada didalam kantong-kantong kemiskinan melalui BAZNAS Jember.

“Kami siap membantu menghitungkan zakat maal sekaligus mendistribusikan kepada masyarakat miskin bersama-sama dengan pemilik zakatnya atau Muzakki. Silahkan, mau diberikan kemana, dikecamatan mana. Kami siap membantu sesuai data yang telah ada”, jelas Misbahul Salam.

Untuk itu sebagai contoh, ungkapnya, tepat di bulan ramadhan ini, pihak BAZNAS Jember bersama Bupati Jember dan Wakil Bupati Jember, sengaja mengumpulkan para pejabat OPD untuk membayarkan zakatnya melalui BAZNAS.

Tak hanya itu saja, diungkapkan oleh Misbahul Salam, bahwa dalam pembayaran Zakat lewat BAZNAS Jember ini juga bisa melalui sistem IT sehingga bisa diketahui langsung berapa yang harus dibayarkan, kapan zakat itu dibayarkan, bisa diketahui langsung oleh para Muzaki (Pembayar Zakat) melalui Short Message Service (SMS).

Baca Juga: Selamat !!! Para GTT Jember Dapat THR 

“Jadi jangan khawatir, dijamin transparan karena langsung mendapat jawaban lewat SMS”, katanya.
Para Muzaki sendiri juga bisa melakukan pembayaran zakat maal, infaq dan shodaqohnya melalui SMS Banking atau e-banking.
Karena, BAZNAS sendiri telah memiliki aplikasi SIMBA (Sistem Manajemen Badan Amil) yang secara teknologi akan sangat membantu para muzaki yang ingin membayarkan zakat maalnya ataupun yang ingin berinfaq dan bershpdaqoh.

“Insyaallah, akan lebih aman, transparan dan cepat, bagi para pejabat, pengusaha yang mempunyai kesibukan tinggi”, jelasnya.

Sementara itu, Bupati Faida mengapresiasi sudah dilaksanakannya aplikasi digital Simba Baznas dalam memudahkan pengelolaan dana zakat dari masyarakat.“Bagus ini Simba Baznas. Sekarang di Kabupaten Jember sudah ada Baznas, jadi saya dan Kyai Muqit menghimbau untuk dinas-dinas, Kecamatan, dan badan serta OPD yang ada di Pemkab Jember semua bikin unit pengelola zakat atau UPZ, tujuannya melayani karyawan dan karyawati pemkab Jember agar mudah membayar zakat,” kata Bupati Jember dr. Faida MMR.

Membayar zakat, kata dia sebenarnya simpel tapi seringkali karena sibuk akhirnya sering lengah dan itu godaannya setan. “Maka saya minta mengamankan kewajiban para kepala OPD, paling tidan kepada anak buahnya, karena ini kewajiban agama yang sudah wajib yang tidak bisa di bahas lagi, berapa persennya bukan di negosiasi karena sudah ada rumusnya,” terangnya.

Reporter: Guntur Rahmatullah
Editor: Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here