Bupati Faida Dukung Program 1 Juta Domain Gratis Kemkominfo

Bupati Faida saat sesi wawancara usai penandatangan MoU kerjasama dengan 5 lembaga strategis di Pendopo Jember. (Foto: Guntur/SI)

JEMBER, Rabu (11/10/2017) suaraindonesia-news.com – Adanya program dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) berupa 1juta domain gratis bagi masyarakat Jember menuai respon positif dari Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR.

Beliau tidak memungkiri bahwa dunia digital menjadi kebutuhan utama masyarakat dewasa ini dalam mewujudkan percepatan di segala lini sehingga Jember menjadi smart city.

“Saya ingin target dari Kemkominfo ini bisa terealisasi dan tepat sasaran, bukan hanya proses distribusi tetapi juga solusi bagi masyarakat Jember,” terang Bupati Faida usai menandatangi MOU Kerjasama dengan 5 lembaga strategis baik dari BUMN maupun swasta, Rabu (11/10) di Pendopo Wahya Wibawa Graha Jember.

Sementara itu, dikonfirmasi di tempat berbeda, Ulil Albab, Ketua Relawan TIK Jember sebagai relawan resmi membidangi pelayanan masyarakat terkait dunia digital di bawah naungan Kemkominfo menerangkan bahwa program ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM, Organisasi, Desa, Pondok Pesantren dan Sekolah.

“Rp. 0 selama setahun pertama untuk Program 1 juta domain dari Kemkominfo guna mewujudkan Indonesia Go Online, ” ujar Ulil Albab.

Atas respon positif Bupati Faida tersebut, Ulil Albab berharap Bupati dapat memberikan rekomendasi bagi Relawan TIK Jember untuk menjadikan Jember sebagai smart city.

Ulil menerangkan konsep smart city ialah terwujudnya sinkronisasi data satu pintu dan realtime.

“Konsep smart city adalah sinkronisasi antar lembaga kedinasan dalam menyajikan data secara realtime,” terangnya.

Sebagai contoh, lanjut Ulil, mengenai penyajian data demografi penduduk Jember yang digunakan adalah tahun lalu, dengan konsep smart city mengenai jumlah kelahiran baru dan kematian datanya realtime langsung masuk ke Dispendukcapil karena semua telah terkoneksi dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten sehingga pelayanan publik lebih maksimal.

Sebagai informasi bahwasanya tugas Relawan TIK Jember ialah melakukan pendampingan mengenai dunia digital kepada masyarakat Jember berupa edukasi dan literasi. (Guntur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here