Bupati Buka Rapat Evaluasi Pengawasan Pilkada Kabupaten Raja Ampat Tahun 2015

Reporter: Zainal

Raja Ampat, suaraindonesia-news.com – Rapat Evaluasi Pengawasan Pilkada Kabupaten Raja Ampat Tahun 2015 Panwaslu Distrik dan PPL  se-Kabupaten Raja Ampat pada, Selasa (12/04/2016) bertempat di gedung wanita Distrik Waisai Kota Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat dihadiri seluruh pimpinan pengawas pemilihan tingkat Distrik/Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Raja Ampat, H. Abdul Faris Umlati, SE didampingi Devisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Papua Barat, Isak Waramuri, SH dan Ketua Panwaslu Kabupaten Raja Ampat, Steven Eibe serta dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Drs. Syaiful Mahmud Sangadji,Wakil Ketua dua DPRD Kabupaten Raja Ampat, Yuliana Mansawan, SE, Danramil Saonek, Mayor Inf, Agus Padang dan Kasat Reskrim Polres Raja Ampat, AKP. Yudi Arvian, SH.

Ketua Panwaslu Kabupaten Raja Ampat, Steven Eibe saat dikonfirmasi Suara Indonesia mengatakan, kegiatan Pengawasan Pilkada Kabupaten Raja Ampat Tahun 2015 ini tujunnya ialah, untuk mengecek kembali para Panwas tingkat Distrik/Kecamatan dan PPL apakah ada kendala selama bertugas melaksanakan tahapan-tahapan Pilkada serentak di Kabupaten Raja Ampat yang digelar 9 Desember 2015 lalu, sehingga harus dilakukan Evaluasi hasilnya akan diberikan ke Bawaslu Provinsi Papua Barat dan akan diteruskan ke Bawaslu RI di Jakarta.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat, Alfredo Ngamelubun, SH, MH melalui Devisi Pengawasan, Isak Waramuri, SH mengungkapkan, ”Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian persiapan Bawaslu untuk menghadapi Pilkada Serentak gelombang kedua yang akan digelar 2017 mendatang dan bulan ini (April) 2016 Bawaslu Provinsi Papua Barat akan melaksanakan seleksi ketua dan anggota Panwaslu secara serentak diseluruh Kabupaten/Kota karena masa kerja Panwaslu yang saat ini telah berakhir rencananya Panwaslu yang baru akan dilantik bulan juni nanti,” terangnya.

Isak menambahkan, bukan hanya Bawaslu Provinsi Papua Barat yang akan terlibat dalam seleksi Panwaslu Kabupaten/Kota, namun Bawaslu RI akan terlibat sebagai panitia seleksi.

Dalam sambutannya Bupati Raja Ampat, H. Abdul Faris Umlati, SE menuturkan, rapat Evaluasi pengawasan pemilikada tahun 2015 bersama Panwaslu Disrtik dan PPL se-Kabupaten Raja Ampat sangat penting untuk dilaksanakan.

“Untuk memberikan Evaluasi, koreksi dan masukan terkait pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban Panwaslu selama ini,” jelas Bupati.

Hasil Evaluasi tersebut kata Faris, dapat menjadi motivasi menjadi dorongan dan perbaikan kedepannya demi tegaknya kewibawaan lembaga dan suksesnya pesta demokrasi di Kabupaten Raja Ampat, yang mana tahun 2017 mendatang kita akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat.

Faris berharap, agar Panwaslu terus melakukan pembenahan intern, penguatan dan peningkatan kapabilitas para anggotanya, serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang intens dengan pihak-pihak terkait sehingga Pilgub Tahun 2017 berjalan sukses.

Faris juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat,untuk dapat bersama-sama mewujudkan pesta demokrasi yang adil,jujur dan kredibel di bumi bahari ini serta dapat melaksanakan tupoksi kita masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here