BPJS Kesehatan Gunungsitoli, Rangkul RS dan Puskesmas Permudah Prosedur Pelayanan Saat Mudik

Konfrensi Pers

Reporter : Arozatulo

Gunungsitoli, suaraindonesia-news.com – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Gunungsitoli mengadakan konfrensi pers di kantor cabang BPJS Kesehatan setempat jalan diponegoro No.395A km 3 Desa Sifalaete, Rabu (29/6). Untuk mensosialisasikan kesiapan RS dan Puskesmas jelang mudik lebaran di Kepulauan Nias.

Acara tersebut di hadiri oleh beberapa orang narasumber diantaranya Kepala Cabang BPJS Kesehatan Rudhy Suksmawan Hardhiko, Ssi, Apt, AAK sebagai tuan rumah, Kepala Dinas Kesehatan Gunungsitoli, dr Bulan Simanungkalit MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kab Nias Martin Luther Harefa, SKM, M.KES, Perwakilan dari RSUD Gunungsitoli Ismed PLH direktur RSUD bersama dr.Yudika K Zendato Kabid pelayanan, Perwakilan dari RS Bethesda Fredi dan beberapa awak media.

Dalam sambutannya, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Rudhy Suksmawan Hardhiko, Ssi, Apt, AAK yang baru 3 minggu bertugas di Pulau Nias itu mengatakan, Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal penjaminan pelayanan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2016, BPJS kesehatan Cabang Kota Gunungsitoli menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan nya.

“Para Peserta JKN – KIS yang sedang mudik Lebaran Tahun ini dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas, oleh karena nya, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik di imbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/ KIS, Kartu BPJS Kesehatan , Kartu ASKES dan Kartu JAMKESMAS)”, ujar Menurut Rudhy.

Peserta JKN-KIS yang sedang Mudik dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor kekantor Cabang BPJS setempat. untuk prosedurnya peserta JKN-KIS dapat langsung mengunjungi IGD Rumah Sakit terdekat yang yang ditunjuk oleh kantor cabang,

“Kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-7 dengan H+ 7 Lebaran”, jelasnya.

Menurutnya, dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan Mudik atau pun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat atau mengunjungi FKTP sementara.

“Kebijakan tersebut telah mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan”, terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang berstatus aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuaran agar status kepesertaannya selalu aktif.

“Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id pada menu cek iuran peserta atau melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dan Hotline Service Kantor Cabang di seluruh Indonesia, dapat dilihat di website BPJS Kesehataan”, tutur Rudhy.

Di akhir sambutannya Rudhy, mengatakan peserta JKN-KIS Kesehatan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter , maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta, tegasnya.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta di masing-masing wilayah, seperti Kantor Cabang Gunungsitoli 08116262552 dan 08116265577 dan di kantor Lo Kab Nias Selatan 082274712507 dan 081370000358.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Gunungsitoli, dr Bulan Simanungkalit MKes menyatakan kesiapan puskesmas untuk melayani kesehatan masyarakat selama libur lebaran, Saat ini ada 6 Puskesmas yang diantaranya 2 Puskesmas rawat inap dan 4 Puskesmas  rawat jalan. 2 Puskesmas rawat inap yakni Puskesmas Gunungsitoli Selatan dan Puskesmas Gunungsitoli Idanoi tetap beroperasi normal di hari libur lebaran sedangkan 4 Puskesmas rawat jalan yang berada di Kota Gunungsitoli akan libur di tanggal 06 s/d 07 Juli atau libur di tanggal merah.

“Sebagai Kepala Dinas saya pastikan Puskesmas di wilawah Kota Gunungsitoli akan tetap memberikan pelayanan bagi peserta JKN – KIS yang memerlukan kebutuhan medis selama di masa libur lebaran, Puskesmas juga akan melayani peserta berkunjung dari luar wilayah yang membutuhkan batuan tanpa menarik biaya dari peserta JKN – KIS yang berkunjung dan Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli sebagai penanggung jawab dari Puskesmas yang ada di wilayah kota Gunungsitoli akan tetap memonitor dan memastikan Puskesmasnya akan tetap beroperasi selama masa libur lebaran”, tegasnya.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, berikut nomor telp di setiap puskesmas. Puskesmas Gunungsitoli Selatan yang beralamat pelud binaka km 6 Gunungsitoli buka 24 jam Hp 081376671182 dan Puskesmas Gunungsitoli Idanoi yang beralamat Jl Gereja Amin no 52 buka 24 jam Hp 081361691490.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kab Nias Martin Luther Harefa, SKM, M.KES dari 10 puskesmas 6 merupakan puskesmas rawat inap yakni puskesmas Gido, Sogaeadu, Idanogawo, Botombawo, Hiserangkai dan Hiliduho.

“Saya pastikannya akan tetap buka 24 jam serta petugas jaga dan dokter akan selalu ada, selama libur lebaran”, tegas Martin.

Demikian juga RSUD Gunungsitoli, mewakili Direktur RSUD Gunungsitoli Ismed Amazihono mengatakan pihaknya tetap memberi pelayanan 24 jam dan rawat jalan tetap buka, IGD dan rawat inap 24 jam, sedangkan tanggal 6 dan 7 Juni rawat jalan ditutup dan dialihkan ke IGD yang dibuka 24 jam, dan tanggal 8 kembali beroperasi normal.

“Jika ada keluhan dan pertanyaan dapat menghubungi Dokter Yudika 085275566888, serta menghimbau kepada masyarakat untuk mendonorkan darahnya kepada PMI yang ada, karena saat ini RSUD Gunungsitoli sangat kekurangan darah guna transfusi kepada pasien yang membutuhkan”, kata Ismed Amazihono.

Sedangkan Rumah Sakit Bethesda menurut Fredi yang mewakili direktur RS Bethesda, mengatakan RS Bethesda siap dan komitmen melayani peserta JKN-KIS selama libur lebaran, untuk rawat inap dan rawat jalan tetap buka seperti biasa kecuali tanggal 6 dan 7 poli diliburkan, namun IGD tetap buka 24 jam, ditanya mengenai dokter spesialis pihak RS Bethesda menjawab saat ini tidak ada. Jika ada keluhan dan pertanyaan dapat menghubungi Stephen 081397577359.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here