Breaking News

STIT Aqidah Usymuni Terate Gelar Diklat Jurnalistik Dasar

STIT Aqidah Usymuni Terate Gelar Diklat Jurnalistik Dasar

Sumenep, Suara Indonesia-news.com - Perkembangan media informasi akhir-akhir ini sudah sangat pesat. Sehingga perlu ada filter yang harus dijaga oleh masyarakat yang dimulai dari keluarga, sekolah dan di lingkungan dimana anak-anak banyak melakukan aktifitas. Karena informasi bisa diterima kapan dan dimana saja melalui media internet di komputer, HP dan sebagainya.

Kepala Dinas komonikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep, Imam Trisnohadi, SH, M.Si pada kegiatan Seminar dan Diklat Jurnalistik dasar yang dilaksanakan Lembaga Pers Mahasiswa STIT Aqidah Usymoni Terate Sumenep, di Aula Ponpes Aqidah Usymuni, Rabu (20/02) kemarin.

Menurutnya, saat ini media kadang dalam menyajikan pemberitaan kurang ada keseimbangan dan nara sumber yang dimintai pendapat terkadang kurang berkompeten. Sehingga, pemberitaan kadang menyesatkan masyarakat.

“Karena itu, nantinya jika menjadi seorang jurnalis harus betul-betul memahami UU RI No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers.”Ujarnya.Dengan menguasai UU Pers tersebut diharapkan tulisan wartawan tidak akan keluar dari aturan dan kode etik jurnalistik. Dan dalam pemberitaannya tidak mudah menghakimi seseorang dengan hanya komentar orang yang juga tidak tahu menahu dan tidak berkompeten.

Sebab, wartawan bukanlah penyidik yang kemudian mengetahui data yang dimiliki BPKP, Inspketorat dan sebagainya. Yang kemudian dijadikan alasan untuk menulis sesuatu yang tidak jelas dan sebagainya.

Sementara Ketua STIT Aqidah Usymuni Terate, Drs. KH. Syafraji, Kegiatan yang mengusung tema “mempertanyakan peran media dalam menyongsong pesta demokrasi 2014, diharapkan dapat memberikan bekal jurnalistik kepada para peserta yang terdiri dari para mahasiswa dan siswa SMA, MA di Sumenep.

“Semoga melalui diklat jurnalistik ini mereka tidak hanya maguasai ilmu agama, namun mereka bisa mendalami ilmu jurnaistik,” ujarnya.Bahkan, diakui Syafraji, alumninya sudah banyak berkecipung sebagai wartawan di berbagai media dan di berbagai perusahaan media. Hal itu menunjukkan STIT Aqidah Usymuni sangat peduli terhadap dunia Pers yang keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat.

 

Reporter : Slamet Reno







0 Komentar

    Komentar Berita

© SuaraIndonesia-news.com. By: Achtanaputra

Ke Atas