Berikut 20 Kesepakatan Bersama Sambut Bulan Ramadhan

oleh -193 views

JEMBER, Senin (14/05/2018) suaraindonesia-news.com – Kepolisian Resort Jember menggelar rapat dengan sejumlah instansi pemerintah Kabupaten Jember serta tokoh agama dan pimpinan seluruh tempat karaoke di Jember.

Kapolres AKBP. Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH. Menyampaikan bahwa Rapat tersebut bertujuan untuk membahas kesepakatan bersama dalam memyambut datangnya bulan suci ramadhan 1439 H / 2018 M.

“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa maka kita membentuk sebuah kesepakatan bersama yang kemudian dintandatangani oleh sejumlah tokoh dan insntansi pemerintah,” tutur Kapolres.

Salah satunya adalah penutupan tempat hiburan selama Ramadhan itu menjadi satu dari 20 poin kesepakatan bersama, antara Polres Jember, Pemkab Jember dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta sejumlah tokoh agama.

Pada Selasa malam itu, kata Kusworo, kepolisian bersama TNI dan sejumlah tokoh agama akan berkeliling ke tempat hiburan untuk memastikan tempat itu sudah tutup.

Asisten Pemerintahan Setkab Jember Hadi Mulyono menekankan agar kesepakatan organisasi apapun tidak melakukan sweeping.

“Kecuali dilaksanakan oleh pihak berwenang. Jangan sampai terjadi sweeping,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait dengan penggunaan pengeras suara memiliki batas waktu sampai pukul 22.00 dan selanjutnya menggunakan pengeras suara dalam.

“Pemahaman sampai bawah harus sama sehingga tidak sampai multitafsir,” terangnya.

Termasuk larangan buka selama Ramadhan bagi tempat hiburan. Hadi mendorong semua pihak menaati kesepakatan ini.

Pemerintah daerah berharap wilayah Kabupaten Jember tetap dalam kondisi kondusif dan berharap semua masyarakat bersama-sama menghargai dan menghormati umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa.

Hadi juga mengingatkan tahun ini ada agenda politik. Sebagaimana dalam 20 kesepakatan, masjid dilarang digunakan untuk kegiatan politik.

“Diperaturan KPU pun sudah dicantumkan larangan ini,” ungkapnya.

Ketua MUI Jember, Prof. Dr. KH. Abdul Halim Subahar, MA. menyerukan umat Islam untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh rasa senang. Allah SWT berjanji mengharamkan jasad orang yang senang dengan datangnya bulan Ramadhan.

Reporter: Eko Riswanto
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan