Barat Selatan Bagian Aceh Terendam Banjir

ACEH, Suara Indonesia
Ribuan rumah  di beberapa Kabupaten di wilayah pantai barat selatan Aceh, Provinsi Aceh saat ini terendam banjir akibat hujan lebat yang melanda wilayah setempat sejak Sabtu kemarin (1/11).

Inpormasi yang dihimpun Rabu (5/11). Banjir dengan ketingian 50 centi hingga 1 meter melanda tiga kecamatan di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yaitu kecamatan Tangan-Tangan, Manggeng dan lembah Sabil.

“Kalau di Kecamatan Tangan-Tangan ada sekitar 500 KK rumah warga yang terendam banjir,” Ungkap Ruslan, Camat  Tangan-Tangan kepada Media ini.

Selain dari itu, hujan lebat juga mengakibatkan tujuh Kecamatan di kabupaten Aceh Selatan terendam banjir. Di Aceh Selatan, selain banjir yang mengenangi rumah warga, juga terjadi longsor di gunung Peulumat, sehingga arus transportasi Blangpidie ke Medan Sumatera Utara sempat macet beberapa jam.

Informasi yang diperoleh Suara Indonesia. Tujuh Kecamatan di kabupaten Aceh Selatan adalah Kecamatan Labuhan haji Barat, Labuhan Haji Tengah, Labuhan Haji Timur, Meukek, Sawang, Sama Dua dan Kecamatan tapak Tuan.

Sedangkan di kabupaten Nagan Raya, Ibrahim Istra melaporkan, hujan deras yang menguyur wilayah setempat sejak pagi hingga malam mengakibatkan banjir diwilayah tripa bawah, ribuan rumah warga didaerah setempat terendam banjir. sementara Jalan lintasan Lamie ke Kuala trans tidak bisa dilewati oleh roda dua ataupun empat.

“ Banjir juga melanda jalan raya, dikawasan jembatan Lamie banjir mencapai ketingian 50 sampai dengan 1 meter. Roda dua dan empat agak sulit untuk melewati” kata Ibrahim

Bukan saja Kabupaten Aceh Selatan, Abdya dan Nagan Raya yang banjir. Tetapi hujan deras sejak Sabtu kemarin juga menyebabkan lintasan Bandan Aceh- Meulaboh terputus. Badan jalan ambruk dan lonsor dipegunungan Paroe dan Gunung Kulu, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar.

Akibat dari ambruknya diberapa titik badan jalan di kawasan tersebut, sehingga jalur transportasi dari Meulaboh ke Banda Aceh tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. Informasi yang diterima, ratusan kendaraan yang hendak berangkat ke Aceh Barat dan Aceh Selatan tertahan di kawasan Leupueng, begitu juga sebaliknya.

Reporter : Rusdi Hanafiah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here