Baitul Mal Abdya Salurkan ZIS Tahun 2017

Wabup Abdya Muslizar. MT yang didampingi ketua Baitul Mal Wahyudi Satria saat menyerahkan secara simbolis Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) kepada ibu fakir dan miskin dan cacat menahun dihalaman pendopo Wabup Abdya.

ACEH ABDYA, Senin (11/6/2018) suaraindonesia-news.com – Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan Zakat, Fakir dan Miskin, Fakir Uzur sebesar Rp. 7,4 Milyar tahun 2017. Penyerahan secara simbolis dipimpin Wabup Muslizar, MT yang berlangsung di pendopo wakil bupati setempat. Senin (11/6).

Kepala Baitul Mal Abdya, Wahyudi Satria dalam laporannya menyebutkan, pihakany menyalurkan bantuan ZIS sebanyak Rp. 7,4 milyar sumber dana tahun 2017.

“Tahun ini kami menyalurkan bantuan sebesar Rp. 7,4 milyar zakat yang dikumpulkan tahun sebelumnya,” sebutnya.

Selain untuk ZIS, sebut Wahyudi, pihaknya juga menggunakan dana tersebut sebanyak Rp  3,4 milyar untuk bedah rumah dhuafa dengan jumlah rumah sebanyak 200 unit rumah yang akan direhab.

“Tahap pertama sudah berjalan 75 unit rumah, sisanya sebanyak 125 unit lagi,” terangnya.

Rehab rumah itu, lanjut Wahyudi merupakan program rutin Baitul Mal Abdya  yang dilaksanakan setiap tahun dalam bulan Ramadhan.

Baca Juga: Personil Damker Kurang Siap, Wabup Abdya Akan Sidak BPBK 

“Program ini dibuat mengingat pada bulan Ramadhan kebutuhan masyarakat meningkat dengan harapan bantuan seperti ini dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga miskin di bulan Ramadhan,” terangnya.

Sementara, Wabup Abdya, Muslizar MT menegaskan Pemerintah hanya sebagai petugas dalam pengelolaan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang terkumpulkan dari zakat pegawai negeri dan pihak lainnya diwilayah tersebut.

“Pemerintah daerah cuma bertugas mengelola zakat, zakat terhimpun dari zakat pegawai negeri dan pihak-pihak lainnya yang ada di kabupaten Abdya ini,” sebut Dewan pengawas Wabup Muslizar.

Dijelaskannya, setiap pegawai negeri di Abdya tiap bulan dipotongkan gajinya sebesar 2,5 persen untuk zakat yang dikupulkan oleh Baitul Mal Abdya yang akan disalurkan kepada yang berhak menerima zakat.

“Kedepan sumber zakat juga akan ada dari sektor lain, setelah kita mengeluarkan qanun,” tutur Muslizar.

Pada kesempatan itu, Wabup Muslizar juga menyebutkan, kedepan pemerintah kabupaten Abdya akan memberikan santunan seumur hidup untuk fakir uzur dan cacat menahun.

“Insya Allah, habis lebaran ini kita juga akan ada program bantu pinjam modal dari Baitul Mal Abdya,” ujarnya.

Selain itu wabup juga minta kepada petugas farkir yang hadir pada hari ini ,harus benar bekerja ,tidak ada terlihat lagi  kenderaan dan pedagang yang berjualan dijln H. Ilyas terlihat semberaut harus tertip, sama halnya dengan petugas kebersihan rumput diseputaran kota jangan sempat tumbuh tidak elok bila dilhat oleh tamu–tamu luar yang selalu hilir mudik.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here