Asuransikan Gedung Dewan Rp 50 Juta Pertahun

Gedung DPRD Kabupaten Sampang yg diasuransikan 50 juta pertahun

Reporter : nor/luk

Sampang, Suara Indonesia-News.Com – Anggaran yang diperuntukkan untuk merawat gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang mendapat sorotan.
Pasalnya, selain anggaran untuk perawatan gedung, sekretaris dewan (Sekwan) juga menganggarkan asuransi gedung dewan sebesar Rp50 juta setiap tahunnya.

“Kami terkejut ketika membaca buku anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2015 di dalamnya ada anggaran untuk asuransi gedung dewan,” ujar Zainuddin aktivis mahasiswa Sampang.

Ditegaskan Zainuddin, anggaran untuk asuransi gedung dewan dinilai pemborosan, mengingat dalam setiap tahunnya gedung dewan sudah mendapat anggaran perawatan. Sehingga, ketika terdapat kerusakan anggaran perawatan tersebut bisa dimanfaatkan. Untuk itu, ia menyarankan agar anggaran asuransi tersebut bisa dikaji ulang terkait asas manfaatnya.

“Apa dampak dan manfaatnya dari asuransi gedung dewan itu, jadi kami berharap tahun 2017 mendatang, anggaran untuk asuransi gedung dewan bisa dipertimbangkan kembali, jika perlu anggaran tersebut dialihkan kepada program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” harapnya.

Menanggapi adanya sorotan aktivis tersebut. Sekretaris Dewan DPRD Sampang Sudarmanto mengakui jika di sekretariat setiap tahun menganggarkan asuransi untuk gedung dewan. Ia menjelaskan, salah satu alasannya, khawatir gedung dewan dibakar mengingat selama ini kondisi gedung menjadi salah satu objek aksi dan tempat pengaduan masyarakat.

“Anggaran untuk asuransi gedung dewan sebagai antisipasi saja, karena bisa jadi gedung dewan terbakar atau dibakar oleh massa saat menggelar aksi,” ujarnya.

Disinggung adanya sorotan miring serta permintaan mahasiswa agar anggaran asuransi gedung dewan dihentikan atau dialihkan ke program lain. Sudarmanto dengan nada santai menyampaikan, jika pihaknya tidak keberatan jika program asuransi gedung dewan dialihkan atau dihentikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here