APK yang Dibuatkan KPU Terasa Kurang

Edo saat diwawancarai sejumlah media

LUMAJANG, Rabu (7/11/2018) suaraindonesia-news.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyerahkan Alat Peraga Kampanye (APK) kepada peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Peserta Pemilu juga berterima kasih kepada KPU Kabupaten Lumajang dan merasa terbantu karena adanya APK tersebut.

Menurut salah satu penghubung partai atau tim sukses, Lukman, kepada media ini mengatakan, dirinya merasa kebingungan memasang APK yang terbatas jumlahnya.

“Saya yang mewakili dari Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Propinsi Jawa Timur, merasa kurang kalau dikasih cuma 10 lembar,” katanya kepada media ini.

Setelah dari kantor KPU Kabupaten Lumajang, dirinya langsung melaporkan kepada Calon DPD yang menugasinya, kalau dirinya hanya menerima 10 APK untuk dipasangkan.

“Saya bingung memasangnya mas, coba dibayangkan, hanya 10 spanduk harus terpasang di 21 kecamatan,” ujarnya lagi.

Perlu diketahui, masa kampanye pemilu ini dimulai sejak 23 September 2018 sampai 13 April 2019.

“Artinya, KPU baru menyerahkan APK ke peserta setelah 34 hari berlalu. Ada 16 parpol peserta pemilu, sejumlah calon anggota DPD RI, dan dua pasang calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan bertarung pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang,” kata Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Lumajang, M Ridhol Mujib kepada sejumlah media.

Edo panggilan akrabnya, mengakui kalau penyerahan alat peraga kampanye yang difasilitasi KPU ini bukan terlambat diserahkan.

“Kemarin itu karena peserta lambat memberikan desainnya, juga karena ada desain peserta pemilu itu kita kembalikan, karena konten yang dimuat tidak sesuai aturan PKPU. Jadi harus diperbaiki lagi, proses molor dari peserta sendiri itulah yang terkesan pemberian APK terlambat,” jelasnya lagi.

Setelah mereka melakukan perbaikan dan diserahkan ke KPU, staf kemudian memeriksa kembali. Apakah sudah sesuai atau masih ada konten dalam desain yang perlu diperbaiki.

“Kalau semua desain sudah sesuai PKPU baru kita cetak untuk diserahkan kemasing-masing peserta pemilu, ya tepatnya tadi siang diserahkan, coba dari peserta tidak molor, maoa akan cepat selesai,” pungkasnya.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here