Antisipasi Pungli Pilkades, Bapemas Bangkalan Terbitkan Edaran

Reporter: Anam

Bangkalan, suaraindonesia-news.com – Menyambut pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak gelombang kedua dikabupaten Bangkalan yang dijadwalkan terlaksana pada bulan Oktober 2016 mendatang, Bapemas Bangkalan Madura, Jawa Timur akan mengeluarkan Surat Edaran Kusus larangan pada setiap panitia pilkades untuk meminta sumbangan pada cakades dengan alasan apapun guna mengantisipasi penyalahgunaan wewenang Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD).

“Akan membuatkan edaran khusus pada semua panitia pemilihan kepala desa untuk larangan tidak meminta dana pada calon kepala desa,” kata Ismed Efendi saat ditemui selasa (07/06/2016

Lebih lanjut Ismed selaku kepala Bapemas menanggapi beberapa tema isu yang sedang berkembang di tengah masyarakat tentang sumbangan yang sengaja dipungut oleh beberapa oknum P2KD yang bernilai hingga Rp 75. 000.000 (tujuh puluh lima juta rupiah) pada tiap desa, serta pihaknya berjanji akan menindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Tidak diperkenankan memungut anggaran dari calon dengan alasan apapun, dana keamanan sudah dianggarkan dari APBD jika masih dilakukan pungutan maka oknum tersebut bisa dijerat dengan hukum,” Tegas Ismed menanggapi.

Selain hal tersebut dia juga menyarankan pada setiap P2KD agar memenage keuangan panitia yang bersumber dari APBD dan APBDes dengan sewajarnya sehingga terhindar dari kesan overload atau berlebihan.

“Dana yang bersumber dari APBD dan APBDes dibuat perincian yang wajar dan masuk akal jangan mengada-ngada, Jangan ajimumpung. Ayo demi kemajuan Bangkalan kita sukseskan pilkades,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here