Antisipasi Pemalsuan Hak Cipta, Disperindag Gratiskan Biaya Pendaftaran Hak Cipta

Pabrik Mebel

Kota  Batu, Suara Indonesia-News.Com –  Untuk mengantisipasi pemalsuan hak cipta dan hak kekayaan industri, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Disperindag Kota Batu memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) untuk mendaftarkan merek dagang mereka kepada Dirjen Hak Kekayaan Intelektual melalui Disperindag Jatim.

Sulistinah, konsultan PLUT Kota Batu, mengatakan bahwa hingga Desember 2015 ini ada 50  Usaha kecil dan menengah (UKM)  yang difasilitasi mendaftarkan Hak kekayaan Intelektual (HKI)  secara gratis. Di Kota Batu baru dua UKM saja yang memiliki HKI salah satunya adalah produk batik khas Batu.

Dengan didaftarkan kepada Dirjen Hak Kekayaan Intelektual ini, para pelaku UKM ini memiliki kekuatan hukum untuk melindungi hak cipta dan hak kekayaan industri yang mereka buat.

“Sudah terpenuhi 50 UKM, sekarang ini masih dalam proses mendapatkan HKI, UMKM yang bisa mendapatkan HKI ini, harus memiliki merek dagang, selain itu harus terdaftar sebagai mitra binaan PLUT” kata Sulistianah.

PLUT sudah mengumumkan pengurusan HKI ini secara terbuka, sebelumnya dari banyak peminat, PLUT melakukan seleksi terhadap UKM, hingga akhirnya didapatkan 50 UKM yang layak untuk difasilitasi HKI.

Tentu saja hal ini sangat membantu UKM, pasalnya tanpa program ini, untuk mengurus HKI, sebuah usaha harus mengeluarkan dana minimal sebesar Rp. 5 juta. Dengan memiliki HKI, seorang pengusaha bisa mendapatkan perlindungan usahanya.

Kebanyakan menurut Sulistinah kendala pengurusan HKI seringkali ditemukan merek dagang yang sama, padahal UKM ini sudah lama mengeluarkan produk tersebut. Karena permasalahan tersebut, tidak jarang akhirnya dengan terpaksa harus berganti nama merek.

“Sebaiknya sebelum membuat produk, UKM mengecek terlebih dahulu nama merek dagang yang akan digunakan, jangan sampai sama dengan merek dagang yang lain,   Pelaku usaha bisa mengecek apakah merek dagang mereka sudah digunakan oleh orang lain atau belum melalui www.dgip.go.id” ,” terang konsultan PLUT ini. (Adi Wiyono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here