Aktivis HAM Di Bunuh, Mahasiswa Demo Polda

Puluhan Mahasiswa AMPK Saat Demo Di Depan Kantor Polda Jatim

SURABAYA, Suara Indonesia-News.Com – Sedikitnya puluhan Mahasiswa yang tergabung Aliansi Mahasiswa Pejuang Kemanusiaan (AMPK) melakukan Aksi demonstrasi di depan kantor Polda Jawa Timur, Senin (28/09/2015) yang dimulai sekitar pukul 15.30.

Aksi yang mereka untuk memperjuangkan petani penolak tambang pasir yang dibunuh di Kabupaten Lumajang.

Aksi AMPK ini cukup menarik karena  dalam perjalanan menuju pintu Polda, massa aksi berjalan mundur sebagai simbol bahwa hukum di Indonesia berjalan mundur.

Aksi Teatrikal yang menggambarkan pembantaian dan pembunuhan secara sadis dan tak manusiawi
Aksi Teatrikal yang menggambarkan pembantaian dan pembunuhan secara sadis dan tak manusiawi

Selain berjalan mundur, aksi mahasiswa ini juga menutup matanya sebagai simbul Hukum saat ini mengalami kebutaan, serta dalam pakaiannya mayoritas warna hitam sebagai bela sungkawa atas kematian seorang aktivis petani penolak tambang pasir yaitu Salim Kancil.

“Kami (AMPK) pada kesempatan ini melakukan aksi demonstrasi menggunakan pakaian hitam, sebagai simbol bela sungkawa atas kematian Salim Kancil, berjalan mundur sambil menutup mata sebagai simbol hukum di Indonesia mengalami kemunduran dan kebutaan atas fakta ketidak adilan,” Kata korlap aksi Purwanto.

Dalam aksi ini juga dilangsungkan dengan teatrikal yang menggambarkan pembantaian dan pembunuhan secara sadis dan tak manusiawi yang terjadi pada aktivis HAM yang membela kepentingan rakyat kecil oleh premanisme pemodal dan pemerintah.

“Seharusnya kasus seperti ini tidak terulang kembali setelah pembunuhan aktivis HAM “Munir”, kata Purwanto korlap aksi yang juga Presiden Mahasiswa UM Surabaya ini.

Ia menambahkan, seharusnya kasus seperti ini tidak terulang kembali, dulu aktivis HAM kita terbunuh (Munir,red), sekarang terulang kembali dan Salim Kancil korbannya, ini sangat melukai hati masyarakat kecil,”sesalnya.

Dalam aksi ini ada beberapa tuntutan yang mereka sampaikan, diantaranya:

  1. Mengusut tuntas pembunuhan Salim Kancil kepada Polda Jatim
  2. Hentikan pertambangan pasir yang merugikan rakyat
  3. Tegakkan HAM.

 

Kontributor : Hasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here