Akhirnya, Warga Desa Banain Kini Bisa Nikmati Air Bersih Dari PAMDesnya Sendiri

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt & Kades Banain B,Yulius Kolo, ST, saat dalam acara peresmian PAMDes Desa Banain B Kamis (15/02).

KEFAMENAU NTT, Jumat (16/2/2018) suaraindonesia-news.com – Lembaga Badan Usaha Mikik Desa atau yang lebih dikenal dengan BUMDes merupakan sebuah lembaga independen di tingkat Desa yang menjadi mitra strategis dibawah naungan Pemerintah Desa dalam menggerakkan roda perputaran ekonomi masyarakat.

Spirit membangun dari pinggiran Desa ke Kota yang digelorakaan dalam nawacita program pembanguan Presiden RI Jokowidodo dengan menggelontorkan anggaran triliunan rupiah ke seluruh Desa di Indonesia melalui Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, seyogyanya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian Desa, melalui pengoptimalan aset Desa, Usaha dan Potensi yang dimikiki masyarakat Desa melalui semangat gotong royong melalui organisasi di Desa yang dikenal dengan BUMDes.

Untuk menyukseskan Spirit BUMDes ini, Pemerintah Desa Banain B, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur yang letaknya berbatasan langsung dengan Negara Demokratic Timor Leste distric Oekusi (Ambenu) melalui program Hari Orang Kerja atau HOK berhasil membangun sebuah Perusahaan Air Minum Desa (PAMDes) secara mandiri dan Swakelola.

Baca Juga: Kompak, Tiga OTT KPK Dapat Nomor Urut Dua di Pilkada Serentak 2018 

Perushaan Desa yang akan dikelaola oleh BUMDes Desa Banain B itu kini telah berhasil dinikmati oleh warga masyarakat Desa setempat yang puluhan tahun alami krisis air bersih disetiap musim kemarau dan secara resmi telah diresmikan langsung oleh Bupti TTU, Raymujdus Sau Fernandes, S. Pt, di lokasi sumber mata air Sibnia, Kamis (15/2/2018).

Dalam acara syukuran dan peresmian PAMDes milik Desa Banain B tersebut , Bupati TTU yang lebih akrab disapa Ray Fernandes mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemerintah Desa Banain B bersama masyarakat setempat sebab persoalan krisis air bersih tidak hanya dialami oleh Desa Banain B tapi hampir diseluruh Desa di Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU.

“Ini langkah bagus yang patut kita beri apresiasi karena memang sejak dahulu wilayah Kecamatan Bikomi Utara mengalami kesulitan air. Sehingga kita berharap PAM desa yang sudah dibangun ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat bukan hanya desa Banain B tapi juga beberapa desa tetangga,” ujar Ray.

“Apabila pengelolaan PAM desa oleh BUMDes berjalan bagus, maka bisa menjadi salah satu sumber pemasukan bagi Desa Banain B itu sendiri dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kades Banain B, Yulius Kolo, ST, mengatakan bahwa, secara teknis PAMDes Desa Banain B ini akan dipercayakan kepada BUMDes sehingga pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus BUMDes melalui Pendidikan dan Pelatihan.

Baca Juga: Hadiri Kampanye Damai Paslon, Viktor Laiskodat Didampingi Istri dan Ibu Kandung 

“Nanti untuk teknis pengelolaan diserahkan ke BUMDes, sehingga kita sudah rencanakan dalam waktu dekat dua (2) orang Pengurus BUMDes akan diutus untuk belajar bagaimana sistem pengelolaan yang profesional di PDAM Tirta Cendana,” jelas Kades Kolo.

Kolo berjanji akan membangun koordinasi dengan Pemdes Desa tetangga agar PAMDes Desa Banain B bisa dirasakan secara bersma-sama.

“Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah Desa tetangga khususnya Desa Banin A dan Banain C agar PAMDes ini bisa melayani seluruh warag masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan bersama,” tutup Kolo.

Untuk Diketahui, Acara syukuran dan Peresmian PAMDes Desa Banain B, Kecamatan Bikomi Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur dihadiri langsung oleh Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt bersama sejumlah Pimpinan OPD lingkup Seda Kabupaten TTU, Unsur Forkompimda Kabupaten TTU dan Seluruh Tokoh dan Unsur Pemerintah Kecamatan Bikomi Utara dan seluruh unsur masyarakat Desa Banain A, B, dan C.

Suasana syukuran tersebut di sambut meriah oleh masyarakat Desa setempat melalui Seremonial Tutur Adat ( Takanab) dan diiringi tarian gong dan yel-yel kegembiraan oleh masyarakat setempat saat menyambut kedatangan Bupati TTU bersama rombongan.

Reporter : Yoko
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here