Akhirnya Gubernur Lebih Sreg Tunjuk Alwi Jadi Plt Sekda Batu

Dr. Alwi Plt Sekda Kota Batu

KOTA BATU, Rabu (8 Nopember 2017) suarindonesia-news.com – Gubernur Jawa timur Soekarwo akhirnya menunjuk Dr. Alwi MHum sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) kota Batu untuk menggantikan Achmad Suparto yang meninggal dunia.

Sebelumnya rumor yang berkembang dikalangan DPRD kota Batu yang akan mengantikan Achmad Suparto adalah kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo, semenentara isu yang berkembang dari Pemkot Batu nama Edy Murtono yang akan menjadi Plt Sekda kota Batu.

Namun isu itu berakhir Selasa (7/11/2017) malam, Pemerintah Propinsi Jatim, Gubernur secara resmi menunjuk mantan Sekda Pamekasan Alwi sebagai Plt Sekda Kota Batu yang dituangkan dalam SK Gubernur Jatim Nomor 821.2/13047/204.4/2017, tentang Plt Sekretaris Daerah Kota Batu, tertanggal 7 November 2017.

Plt Walikota Batu Punjul Santoso saat ditemui Diruang dinasnya Balai Kota Among Tani (BAT) Rabu (8/11/2017) membenarkan penganti Plt Sekda Achmad Suparto adalah H Dr Alwi MHum mantan Plt Sekda Pamekasan.

“Alhamdulillah penantian panjang per hari ini telah berakhir, Gubernur telah mengirim seorang Plt Sekda ke kota Batu, mudah-mudahan harapan panjang sekarang ini bisa terobati, sekarang Kota Batu sudah ada Plt Sekdanya,” Kata Punjul yang juga diamini Dr Alwi yang mendampingi wawancara dengan wartawan.

Pada hari pertama kata Punjul, plt Sekda yang baru ini akan langsung melakukukan koordinasi, komunikasi untuk kepentingan pemkot Batu agar regulasi terutama terkait Perubahan Anggaran Keuangan (PAK), KUA PPAS dan APBD tahun 2018.

“Mulai hari ini beliaunya saya panggil untuk melakukan koordinasi, komunikasi dengan para eksekutif dan legeslatif terkait PAK, KUA PPAS dan APBD 2018 dan lain-lain yang terkait kewenangan Plt sekda,” jelasnya.

Ditanya terkait soal penggunaan anggaran, punjul mengunngkapkan tanggung jawab itu tetap menjadi tanggung jawab Pemkot Batu pada masing-masing penggunaan anggaran, tetapi soal regulasi dan tanda tangan pencairan keuangan terkait PAK itu kewenangan ada di Plt Sekda atau sekda difinitif.

“Bukan yang bertanggung jawab sekda tetapi semua yaitu pemkot Batu bertanggung jawab soal penggunaan anggaran, Terutama walikota mempunyai tanggung jawab mutlat terkait anggaran,” ungkapnya.

Tetapi secara administrasi, kata Punjul, pengundangan setelah dilakukan evaluasi oleh Gubernur dan kemudian aturan dan yang diundangkan itu harus ditanda tangani oleh Plt sekda atau Sekda Difinitif.

“Mudah- mudahan dengan kehadiran Plt sekda yang baru ini proses pembahasan PAK, KUA PPAS dan APBD 2018 bisa tetap waktu dan sesuai harapan masyarakat kota Batu,” harapnya. (Adi Wiyono/Jie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here