Ahli Waris : Itu Bukan Salah BPN Kota Batu

Suara Indonesia-News.Com, Kota Batu – Jika dalam waktu dekat tidak ada etikat baik dari desa maupun dinas pertanian maka kami akan segera melakukan upaya hukum, ” papar keluarga ahli waris Sakeh Ngaliman, ¬†Jumain, dikediamannya, Minggu (03/05/2015).

Menurutnya, beberapa waktu lalu saya sudah bertemu dengan Kades Pesanggrahan untuk melakukan upaya upaya kekeluargaan, langka ini kami tempuh agar bisa diselesaikan diluar jalur hukum, karena apapun bentuknya orang di hukum itu kasihan, kami tidak tega, ” tandasnya.

Kades Pesanggrahan, kata dia, berjanji akan menghadap kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan sebagai kantor yang menggunakan tanah kami sebagai kandang komunal untuk mediasi kekeluargaan, tetapi, sudah sekitar seminggu ini tidak ada kabar sama sekali.

Saya, kata jumain, tidak habis berfikir dengan Kades Pesanggrahan yang seolah olah lebih berat dan mendukung dinas pertanian meletakkan bangunan kandang di lahan kami yang sudah bersertifikat.

Kades Pesanggrahan dan perangkatnya, kata dia, seolah olah juga menyalahkan kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPN), padahal, kata jumain, BPN hanya bersifat administrasi belaka, mereka ( BPN) hanya bertugas sebagai pencatat saja, yang tentunya tidak mungkin salah dalam sistem administrasinya.

Pada prinsipnya, kata jumain, kami tidak mempermasalahkan SHM nomor 325 Tahun 1987 yang sudah 27 tahun di terbitkan oleh BPN, kalau mereka ( pemdes)  mempermasalahkan silahkan saja, itu hak mereka.

Yang kami permasalahkan, lanjut jumain, adalah mengapa kandang komunal itu diletakkan di atas tanah kami yang sudah bersertifikat. Harapan keluarga kami, tambah jumain, agar kandang itu dipindahkan ditempat lain, dan kami tidak tahu menahu jika ada dampak hukum oleh pihak lain atas salah tempat pembangunan kandang tersebut, ” pungkasnya. (kurniawan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here