Ada Longsoran di Piket Nol, BPBD Himbau Pengendara Untuk Berhati-hati

Tim BPBD Kabupaten Lumajang saat memasang barier dan garis disekitar lokasi tanah longsor

LUMAJANG, Rabu (14/2/2018) suaraindonesia-news.com – Bagi pengendara roda dua (R2) dan roda empat (R4), dihimbau untuk berhati-hati saat melintas jalan raya Lumajang-Pronojiwo menuju Kabupaten Malang, sebab bahu jalan sebelah kiri tergerus akibat tanah longsor, tepatnya di daerah Piket Nol, setelah jembatan perak.

Dari pantauan awak media, panjang longsoran tersebut mencapai lebih dari 8 meter dengan kedalaman sekitar 20 meter lebih.

Menurut Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswanto, kepada media menjelaskan jika longsoran ini disebabkan oleh guyuran hujan deras di kawasan jalan lintas selatan lumajang tersebut.

“Hujan yang tiada henti mulai kemarin itu yang menyebabkan terjadinya longsor di ruas jalan piket nol, yang menghubungkan Lumajang dan Malang melalui jalur selatan,” jelasnya.

Wawan mengatakan kembali bahwa adanya intensitas hujan yang tinggi, wilayah selatan sering terjadi longsoran.

“Untuk itu kami mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, tim BPBD Kabupaten Lumajang telah memasang barier dan garis di sekitar lokasi, agar pengendara R2 dan R4 dapat melihat adanya longsoran tersebut dan menghindari jalan yang longsor tersebut,” imbuhnya

Baca Juga: Panwaslu Warning Paslon, Jika Tidak Tertibkan Banner Sosialisasi 

Kembali Wawan menghimbau kepada para pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam melintas di Jalur Lintas Selatan, terutama di Jalan Piket Nol yang menghubungkan Lumajang – Malang sebab saat ini masih memasuki musim hujan.

“Kami menghimbau agar pengguna jalan lebih berhati-hati dan waspada saat melewati Jalur Lintas Selatan ini. Apalagi sekarang musim hujan,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya kata Wawan telah menyampaikan laporan kejadian tanah longsor ini kepada Dinas Bina Marga selaku pengelola dan penanggung jawab agar segera melakukan tindakan perbaikan.

“Saya sudah menghubungi Dinas Bina Marga terkait hal ini, agar segera mungkin bisa memperbaikinya,” pungkasnya.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Panji
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here