Abrasi Semakin Parah, BPBK Abdya Laksanakan Gotong Royong Bersama

oleh -114 views
Kepala BPBK Abdya, Amiruddin SPd (tegah) bersama staf BPBK lainnya saat memacangkan bambu sebelum meletakkan goni pasir di lokasi abrasi Pantai Jilbab Susoh

Reporter : Nazli, Md

Abdya, 02/09/2016 (Suaraindonesia-news.com) –  Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) melaksanakan gotong royong bersama menanggulangi sementara abrasi Pantai Jilbab di Desa Keude Susoh Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang semakin parah.

“Gotong royong ini kita lakukan untuk penanganan sementara dengan memasang sebanyak 2500 goni pasir dan bambu disepanjang 150 meter bibir pantai yang tingkat abrasinya cukup parah,”kata Kepala BPBK Abdya Amiruddin SPd kepada Suaraindonesia-news di lokasi. Jum’at (2/9).

Disebutkan Amir, dalam gotong royong bersama tersebut pihaknya melibatkan unsur dari Dinas Sosial, Tenanga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) seperti Tagana, TKSK, PKH, unsur Setcam Kecamatan Susoh, RAPI, SAR dan juga masyarakat dari dua desa yang berdampak abrasi tersebut.

“Kegiatan ini sesuai perintah dari Sekda Abdya setelah belian bersama sejumlah dinas lainnya melakukan tinjuan kelokasi Pantai Jilbab ini beberapa hari lalu,”terang Amiruddin.

Terkait dengan permohonan sejumlah warga untuk membuat tanggul pemecah ombok secara permanen, Amiruddin menegaskan, pihaknya tidak punya wewenang untuk menangani secara permanen.

”Pembangunan pengamanan secara permanen itu wewenang dari Dinas Pekerjaan Umum,”sebutnya.

Namun, lanjut Amir, pihaknya tetap melakukan koordinas termasuk dengan pimpinan untuk mengatasi permasalahan abrasi yang terjadi setiap tahun tersebut.

”Kita upayakan pembangunan secara permanen pada tahun 2017 mendatang,”imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Amir juga menyebutkan, sumber dari kegiatan tersebut diambil dari anggaran operasional pencegahan bencana pada BPBK Abdya tahun 2016.

”Seluruh biaya yang keluar pada hari ini itu merupakan anggaran dari BPBK Abdya,”tegasnya.

Tinggalkan Balasan