26 Mahasiswa Asing KKN Ke Kota Karnaval Dunia

Bupati Faida saat memberikan sambutan kepada ratusan mahasiswa Unair dan asing yang mengikuti KKN. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Kamis (5/7/2018) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 26 mahasiswa asing yang mendapatkan program pertukaran pelajar (Student Exchange) Universitas Airlangga akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Jember, kota karnaval dunia.

Beragam potensi daerah yang dimiliki oleh Kab. Jember mulai dari tembakaunya sehingga tercipta crutu berkualitas tinggi, kakao, potensi wisatanya, serta yang paling membanggakan bahwa Jember dinobatkan sebagai Kota Karnaval Dunia dijelaskan oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR.

“Saya menginginkan tahapan KKN di sebuah Universitas menjadi sebuah kewajiban, karena kesempatan bersosialisasi di lapangan akan mengasah kepekaan sosial maupun leadership. Meskipun kita hebat, tapi tidak bersosialisasi dengan masyarakat maka sejatinya kita bukan siapa-siapa,” harap Faida dalam sambutannya.

Para mahasiswa asing sendiri diarahkan oleh pihak Universitas Airlangga untuk memberdayakan peningkatan SDM di bidang Pariwisata dan Budaya.

“Ada 26 mahasiswa asing dari 6 negara yang mengikuti program ini, mereka nanti akan membidangi wisata dan budaya,” terang Ketua Program KKN Unair, Abdul Samik.

Mereka (para mahasiswa asing, red) akan mengabdikan diri selama 2 minggu ke depan di Jember.

Selain mahasiswa asing, mahasiswa lokal Universitas Airlangga pun terlibat, menurut penjelasan Abdul Samik, totalnya ada 260 mahasiswa yang mengikuti KKN yang tersebar di 3 kecamatan di Jember.

Untuk mahasiswa lokal, mereka akan mengangkat tema TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dengan tujuan meningkatkan pengetahuan SDM mengenai buruh migran.

Mahasiswi lokal, Salsa (kiri) dan mahasiswi asing, Samantha Strangward (kanan). Foto: Guntur Rahmatullah

Salah satu mahasiswa bule asal Wales, United Kingdom mengatakan bahwa dia dapat mengikuti program KKN ini melalui program exchange dari kampusnya.

“I get from exchange program, here I will stay 2 weeks (Saya mendapatkan (program KKN, red) dari program pertukaran pelajar, di sini saya akan tinggal selama 2 minggu),” kata mahasiswi University of Reading, Samantha Strangward.

Bule berambut blonde tersebut tertarik dengan Pantai Papuma serta Teluk Love yang diceritakan oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR.

“It is my first time going to Indonesia and Jember becomes my first, I interested to Papuma and Love Bay (Ini pertama kalinya ke Indonesia dan Jember jadi (kota) pertama, Saya tertarik ke Papuma dan Teluk Cinta),” imbuhnya yang kemudian akan mendalami potensi wisata itu.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here