104 Calon PPS Jalani Tes Wawancara

Calon PPS saat menjalani tes wawancara

KOTA BATU, Senin (6 Nopember 2017) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 104 peserta Calon Panitia pemungutan Suara (PPS) di 24 desa/kelurahan di Kota Batu, Senin (6/11/2017) menjalani tes wawancara di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu di Jalan Raya Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Saifudin Zuhri anggota KPU kota Batu, Devisi SDM dan Parnas yang membidangi Rekruitmen PPK Dan PPS saat ditemui di Kantornya mengatakan sebanyak 104 peserta penyelenggara pemilu PPS tingkat desa/kelurahan yang mengikuti tes wawancara itu nantinya akan dipilih tiga orang terbaik di masing-masing desa/kelurahan di Kota Batu.

“Jadi tes wawancara PPS itu kita lakukan setelah mereka melakukan tes tulis, dan hasilnya akan kita umumkan besuk, masing-masing desa dan kelurahan akan diambil tiga orang,” Kata dia, Senin (6/11/2017).

Baca Juga: 152 Kepala Desa dan Tuha Peut Ikuti Sosialisasi MoU Dana Desa 

Menurutnya, Materi wawancara itu meliputi Riwayat pendidikan, Pengalaman kerja, Riwayat penyelenggaraan pemilu dan Pengetahuan pemilu.

“Selain itu tim penguji juga melihat tentang pengetahuan kewilayahan, Personality / Karakter, Rencana peningkatan kerja dan Team Work,” terangnya.

Ia berharap dari hasil wawancara yang dilakukan oleh tim penguji dari komisioner KPU dan kepala sekretaris KPU kota Batu itu nantinya bisa mendapatkan penyelenggara yang kompeten dan berintegritas.

PPS yang dipilih tiga orang dimasing-masing desa dan kelurahan itu nantinya akan dipersiapkan sebagai penyelenggara pada Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jatim 2018.

ia juga mengatakan selain menguji calon peserta PPS melalui wawancara dan tulis, pihaknya juga menguji calon PPK, namun untuk PPK sudah dilakukan tes tulis dan wawancara.

“Untuk Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Batu, yang mendaftar PPK sebanyak 18 orang dan 19 orang. sedang kecamaatan Bumiaji enam orang Total PPK yang mendaftar berjumlah 43 orang,” jelasnya.

Sebelumnya kata dia Dari hasil penelitian administrasi yang lolos PPS, kecamatan Batu sebanyak 38 orang, kecamatan Bumiaji 30 orang sedang kecamatan junrejo sebanyak 36 orang.

Menurutnya, peserta yang mendaftar PPK dan PPS, mereka rata-rata usianya diatas 17 tahun dan memiliki ijasah SMA dan mereka belum terkena regulasi batasan dua periode dan mereka belum ada yang terindikasi tergabung dalam kepartian. (Adi Wiyono/Jie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here